Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Bekerja Sama dengan PDAM Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya

BCA bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya dalam hal Solusi Cash Management, berupa kemudahan pembayaran tagihan air bagi masyarakat melalui ATM BCA.
Nasabah melakukan transaksi di mesin ATM Bank BCA di Jakarta./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Nasabah melakukan transaksi di mesin ATM Bank BCA di Jakarta./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - BCA bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya dalam hal Solusi Cash Management, berupa kemudahan pembayaran tagihan air bagi masyarakat melalui ATM BCA.

Hal itu dilakukan dengan penandatangan kerja sama yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah XI BCA Mingto Purba, Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Lajito, Direktur Administrasi & Keuangan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Masitah, Direktur PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya Agung Pandriyo Harwan Munardi, Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Bupati Kabupaten Kubu Raya Rusman dan segenap dewan pengawas PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak, Selasa (15/01).

Kepala Kantor Wilayah XI Mingto Purba menyampaikan, menyadari bahwa air merupakan kebutuhan sehari-hari yang tak bisa dielakkan dari kehidupan masyarakat, maka sudah selayaknya kami sebagai institusi perbankan memberikan opsi kemudahan dalam hal pembayaran yang tentunya diiringi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan.

“Terlebih, menyadari peran digitalisasi yang belakangan sudah meluas ke berbagai bidang dan kalangan, memotivasi kami untuk menjaring dan mengakomodir kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan memberikan fasilitas pembayaran tagihan air melalui e-channel BCA,” ujar Mingto dalam siaran persnya.

Kerjasama antara BCA, PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya yang terbentuk merupakan kerjasama penerimaan pembayaran iuran PDAM melalui e-channel BCA yang dilakukan secara bertahap dimana untuk tahap awal telah diimplementasikan pada e-channel ATM BCA. Di ATM, nasabah BCA cukup memilih menu Transaksi Lainnya, pilih Pembayaran, pilih PAM, memasukkan Kode PAM, memasukkan Nomor Bayar, Konfirmasi pembayaran, dan transaksi berhasil.

Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat ini merupakan salah satu kota yang menjadi pembuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, Pontianak memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan bisnis baru. “Perkembangan Kota Pontianak sebagai salah satu kota maju di Indonesia ini mendorong BCA untuk turut memandirikan masyarakatnya dalam hal pembayaran, salah satunya pembayaran tagihan air ini. Walaupun berjalan tahap demi tahap, masyarakat Pontianak kini tidak perlu datang ke kantor PDAM untuk membayar tagihan dengan uang tunai, cukup datang ke ATM terdekat, warga Pontianak sudah dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara periodik,” tambah Mingto.

Selain bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pelanggan membayar rekening air, kerjasama ini juga diharapkan dapat melanjutkan kontribusi BCA kepada Pemerintah terkait dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Kerjasama BCA dan PDAM ini juga merupakan upaya BCA dalam mendorong dan mengarahkan masyarakat untuk menggunakan non-tunai dalam bertransaksi. Upaya ini sejalan dengan program GNNT yang diprakarsai oleh Bank Indonesia (BI). Untuk jangka panjang, kami berharap, masyarakat Pontianak dapat tersosialisasi dengan baik mengenai kemudahan pembayaran ini, sehingga efisiensi dan efektifitas pembayaran dapat terwujud,” tutup Mingto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper