Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suprajarto Gantikan Maryono, Ini Susunan Direksi Baru Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dengan hasil mengganti posisi direktur utama dari Maryono ke Suprajarto.
Suprajarto./JIBI-Dwi Prasetya
Suprajarto./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dengan hasil mengganti posisi direktur utama dari Maryono ke Suprajarto.

Maryono menjabat Direktur Utama Bank BTN sejak Desember 2012, sebelum kemudian digantikan  Suprajarto yang merupakan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Suprajarto kemudian menyatakan mengundurkan diri sebagai Dirut BTN.

“Susunan pengurus bank sesuai hasil RUPSLB ini diharapkan dapat memperkuat kinerja perseroan dalam memenuhi target bisnis sekaligus menjawab tantangan masa depan. Kami optimis menjadikan soliditas pengurus bank sebagai modal dan semangat untuk menjadikan kinerja bisnis BTN menjadi lebih baik,” kata Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul dalam keterangan pers, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, ke depan Bank BTN akan mempunyai peluang untuk tumbuh lebih baik. Perseroan mengklaim telah menyesuaikan sejumlah target bisnis dengan dinamika perekonomian yang terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kebutuhan rumah yang sangat besar adalah peluang yang tidak akan pernah berhenti dan terus membutuhkan inovasi.

Susunan Direksi BTN

Direktur Utama                                                   : Suprajarto

Direktur Commercial Banking                    : Oni Febriarto Rahardjo

Direktur Consumer Banking                       : Budi Satria

Direktur Compliance                                        : R. Mahelan Prabantarikso

Direktur Collection, Aset Management :  Elisabeth Novie

Direktur Distribution & Network              : Dasuki Amsir

Direktur Strategic & Human Capital        : Yossi Istanto

Direktur IT & Operation                                  : Andi Nirwoto

Direktur Finance, Treasury & Strategy   : Nixon L.P Napitupulu

 Susunan Komisaris BTN

Komisaris Utama                    : Asmawi Syam

Komisaris                                    : Iman Sugema

Komisaris                                    : Eko Djoeli Heripoerwanto

Komisaris                                    : Marwanto Harjowiryono

Komisaris Independen        : Garuda Wiko

Komisaris Independen        : Lucky Fathul Aziz Hadibrata

Komisaris Independen        : Kamaruddin Sjam

Komisaris Independen        : Arie Coerniadi

“Kami akan tetap memainkan peran sebagai pemain utama yang mendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah rakyat. BTN telah membuktikan hal tersebut dan ke depan kita akan bekerja keras untuk dapat berperan lebih besar guna mendukung Program Sejuta Rumah yang menjadi program pemerintah,” kata Chaerul.

Berdasarkan kinerja Bank BTN semester I/2019 tercatat Asset tumbuh 16,58 persen menjadi Rp312,5 triliun, kredit dan pembiayaan tumbuh 18,78 persen menjadi Rp251,0 triliun, dana pihak ketiga sebesar Rp219,8 triliun atau tumbuh 15,89 persen. Bisnis perseroan tumbuh selama semester I/2019  tercermin dari pendapatan unga yang tumbuh sebesar 19,81 persen secara year on year dari Rp10,7 triliun  menjadi Rp12,8 triliun.

Perseroan berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp1,31 triliun. Kinerja BTN secara umum berada diatas rata-rata industri. bank BTN juga masih mendominasi 39,6 persen pangsa pasar pembiayaan perumahan nasional dan 92,4 persen pangsa pasar pembiayaan perumahan subsidi di Indonesia.

Selain mengganti sususan direksi, RUPSLB juga memberikan persetujuan perseroan untuk melakukan aksi korporasi akuisisi Perusahaan Modal Ventura (PMV) guna mendukung core business BTN. Manajemen Bank BTN selanjutnya akan meminta persetujuan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk merealisasi rencana tersebut.

“Kami akan menindaklanjuti persetujuan RUPSLB hari ini tentang akuisisi PMV untuk kemudian kami akan mohonkan persetujuan kepada OJK supaya dapat ditindaklanjuti sebagai langkah strategi bisnis yang akan dilakukan perseroan dalam pengembangan bisnis,” kata Achmad Chaerul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper