Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bank syariah - Ilustrasi/bisnisaceh.com
Premium

Sentimen Go Hijrah Bawa Berkah Buat Bank Syariah

12 November 2019 | 19:59 WIB
Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan syariah pada kuartal ketiga tahun ini tergolong cukup baik dan masih mampu bertahan di level dua digit, ditengarai akibat gencarnya kampanye go hijrah yang dilakukan oleh pelaku industri perbankan syariah.

Bisnis.com, JAKARTA — Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan syariah pada kuartal ketiga tahun ini tergolong cukup baik dan masih mampu bertahan di level dua digit, ditengarai akibat gencarnya kampanye go hijrah yang dilakukan oleh pelaku industri perbankan syariah.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan, nilai DPK bank umum syariah dan unit usaha syariah pada Agustus 2019 tercatat Rp382,97 triliun, tumbuh 13,05% (year-on-year/yoy).

Tren ini bahkan lebih cepat dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang tercatat 9,62% yoy.

Jika ditelisik lebih lanjut, pertumbuhan DPK bank syariah ini juga masih dimotori oleh dana murah (current account saving account/CASA), yang berdampak baik pada rentabilitas nantinya.

Direktur Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah (CIEST) IPB Irfan Syauqi Beik menyampaikan pertumbuhan DPK merupakan dampak positif dari semakin kuatnya kampanye go hijrah.

“Kita lihat, dari regulator, KNKS [Komite Nasional Keuangan Syariah], dan perbankan syariah sendiri semakin gencar dan inovatif dalam berkampanye, sehingga berdampak sangat positif pada penghimpunan DPK,” katanya, Minggu (10/9/2019).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top