Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah melakukan transaksi perbankan di galeri Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, Senin (3/9/2018). - JIBI/Rachman
Premium

Kala Lampu Kuning Kredit Korporasi Dinyalakan

11 Desember 2019 | 09:42 WIB
Perbankan menilai penyaluran kredit ke debitur korporasi dalam beberapa tahun ke depan bakal semakin melambat. Hal itu berkaca dari minimnya ekspansi pelaku industri besar hingga tutup tahun ini.  

Bisnis.com, JAKARTA — Perbankan menilai penyaluran kredit ke debitur korporasi dalam beberapa tahun ke depan bakal semakin melambat. Hal itu berkaca dari minimnya ekspansi pelaku industri besar hingga tutup tahun ini.  

Benar saja, jika menilik catatan Bank Indonesia per Oktober 2019 penyaluran kredit korporasi hanya mampu tumbuh 6,1% secara tahunan (year-on-year/yoy) dengan realisasi kredit Rp2.759,6 triliun. Angka itu jelas menjadi yang terkecil sepanjang tahun ini. Bahkan, sejak tahun lalu.

Sementara itu, dibandingkan dengan Oktober 2018, kredit korporasi masih tumbuh di level 15,9% dengan realisasi Rp2.6011,1 triliun. Adapun tahun lalu, kredit korporasi ditutup dengan pertumbuhan di angka 13,4% dengan realisasi Rp2.675,5 triliun.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Royke Tumilaar mengatakan dengan ketidakstabilan kondisi ekonomi saat ini maka perseroan mau tidak mau harus berhati-hati dalam menyalurkan kredit korporasi.

Apalagi, belakangan ini kredit korporasi sangat didominasi oleh proyek infrastruktur. Kemudian, saat ini, dan ke depan, berbagai pihak sudah sepakat akan membesarkan porsi pembiayaan dari swasta.

"Jadi kami alokasi tentu masih ada, tetapi akan lebih agresif membangun pengusaha-pengusaha baru di daerah," katanya, Senin (9/12/2019).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top