Ketua OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Ketujuh Grup Astra

PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (disebut FIFGROUP), yang merupakan bagian dari Divisi Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang yang merupakan BWM ketujuh Grup Astra.
Kiri-Kanan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso didampingi Direktur Human Capital, General Support & Corporate Communication FIFGROUP Sutjahja Nugroho dan Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah melihat dari dekat produk dari usaha kecil dan menengah binaan Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang.
Kiri-Kanan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso didampingi Direktur Human Capital, General Support & Corporate Communication FIFGROUP Sutjahja Nugroho dan Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah melihat dari dekat produk dari usaha kecil dan menengah binaan Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang.

Bisnis.com, SEMARANG -- PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (disebut FIFGROUP), yang merupakan bagian dari Divisi Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang yang merupakan BWM ketujuh Grup Astra.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Pada kesempatan ini Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) didampingi oleh Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, Chief of Astra Financial Adi Sepiarso, dan Direktur Human Capital, General Support & Corporate Communication FIFGROUP Sutjahja Nugroho.

Dalam peresmian BWM Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang ini turut dihadiri oleh, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, K.H Mustofa Bisri, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin, Kepala Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kantor OJK Semarang dan Para Pejabat OJK, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Rembang, Direktur Operasional FIFGROUP Setia Budi Tarigan, Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman dan Manajemen Grup Astra.

Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan sejalan dengan cita-cita Astra, ”Sejahtera Bersama Bangsa”, Astra senantiasa berperan aktif memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang terstruktur dan berkelanjutan bagi Bangsa dan Negara.

“Melalui Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia), Astra berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility yang telah dirintis sejak Astra berdiri dimana kegiatan CSR kami ditekankan pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan, “ujar Riza Deliansyah.

Pada hari ini, dalam rangka mendukung program pemerintah, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, untuk meningkatkan inklusi keuangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren, maka Astra bersama Anak perusahaan, khususnya Grup Astra di lini bisnis Jasa Keuangan, berkomitmen untuk menjadi donatur Bank Wakaf Mikro yang merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang didirikan atas izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Khusus untuk Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Kabupaten Rembang ini, dukungan donaturnya berasal dari PT Astra International Tbk bersama dengan PT Federal International Finance  atau lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan nama ”FIFGROUP”. PT Federal International Finance atau ”FIFGROUP” termasuk dalam lini bisnis Astra Financial atau jasa keuangan, satu dari tujuh lini bisnis yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk.

Dengan peresmian BWM Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang hari ini, Grup Astra telah mendukung pendirian Bank Wakaf Mikro ketujuh dari 10 BWM yang rencana pendiriannya didukung penuh oleh Astra International dan anak perusahaannya yang tergabung dalam Astra Financial.

“Mudah-mudahan komitmen Astra dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik dan dapat mendorong perekonomian daerah-daerah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Adi Sepiarso.

Senada dengan Adi Sepiarso, Direktur Human Capital, General Support & Corporate Communication FIFGROUP Sutjahja Nugroho mengatakan bahwa BWM di kabupaten Rembang ini merupakan BMW ke-4 yang didukung oleh dana sosial syariah FIFGROUP yang bekerja sama dengan PT Astra International Tbk.

Sedangkan 3 BMW Sebelumnya adalah Bank Wakaf Mikro yang pertama di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang yang diresmikan tanggal 23 Februari 2019, kemudian menjadi donatur untuk Bank Wakaf Mikro kedua di Honai Sejahtera Papua Pondok Pesantren Yaa Bunayya, Jayapura yang diresmikan pada tanggal 29 April 2019 dan Bank Wakaf Mikro ketiga Al Anshor Peduli yang diresmikan pada tanggal 09 Mei 2019, Maluku.

“Disamping itu, perusahaan-perusahaan dalam Astra Financial seperti Astra Credit Companies (ACC) dan PT Asuransi Astra Buana [Asuransi Astra] juga turut mendukung pendirian bank wakaf mikro sebagai donator bersama induk perusahaannya Astra,” tutur Chief of Astra Financial Adi Sepiarso.

ACC telah menjadi donator BWM Astra Minhajut Thullab, Banyuwangi yang diresmikan pada tanggal 28 Januari 2019 dan juga donatur BMW Al Hijrah Cindai Alus, Banjarmasin yang diresmikan pada tanggal 01 November 2019 Serta Asuransi Astra menjadi donatur Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren As’ad, Jambi yang diresmikan pada tanggal 3 April 2019.

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal.

Ketua OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Ketujuh Grup Astra

Kiri-Kanan Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman, Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, Direktur Human Capital, General Support & Corporate Communication FIFGROUP Sutjahja Nugroho.

Melalui program Bank Wakaf Mikro ini, kami berharap Astra Financial terus dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Mulai dari pengenalan terhadap Lembaga Jasa Keuangan, karakteristik, manfaat, biaya serta risiko keuangan. Dengan harapan dapat membawa perubahan positif pada perilaku keuangan masyarakat. Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 45 bank wakaf mikro.

Tentunya, kami sadari bahwa keberhasilan program yang ditujukan untuk masyarakat dapat tercapai dengan dukungan aktif para pemangku kepentingan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak sesuai dengan peran strategis dan kewenangan masing-masing, sehingga kita dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper