Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah melakukan transaksi perbankan di galeri Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, Senin (3/9/2018). - JIBI/Rachman
Premium

Perjuangan Agen Bank di Tengah Menjamurnya Fintech

15 Januari 2020 | 12:13 WIB
Perkembangan teknologi yang pesat pada jasa perbankan masih hanya sebatas di kota besar saja. Jadi, agen Laku Pandai masih akan dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan jasa perbankan yang terjangkau

Bisnis.com, JAKARTA — Keberadaan agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif atau disebut Laku Pandai, diyakini mampu menambah pundi-pundi bisnis transaksi perbankan, kendati saat ini layanan produk teknologi finansial (financial technology) telah menjadikan layanan jasa keuangan semakin mudah dan meluas.

Sejumlah bank mengaku tetap mengandalkan program Laku Pandai pada tahun ini. Kendati inovasi digital mulai mampu mengatasi keterbatasan kantor cabang fisik bank, tetapi peran agen lapangan dinilai tetap penting.

Wakil Pemimpin Divisi Pengelolaan Jaringan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Jahja mengatakan jumlah Agen46 milik perseroan per Desember 2019 berjumlah sekitar 157.000 agen. Jumlah transaksi yang dihasilkan sepanjang tahun lalu pun meningkat 40,5% menjadi 119 juta.

Dari transaksi tersebut, Agen 46 berhasil menghimpun pendapatan komisi (fee based income/FBI) sekitar Rp76 miliar. Sementara itu, dana murah atau current account saving account (CASA) yang dihasilkan berkisar Rp22 triliun.

“Pada tahun ini kami akan lebih fokus kepada produktivitas Agen46, yaitu meningkatkan jumlah Agen46 yang aktif bertransaksi melayani kebutuhan transaksional masyarakat,” katanya kepada Bisnis, Selasa (14/1/2020).

Jahja mengemukakan Agen46 ke depan masih akan menjangkau, membantu, dan mendekati masyarakat yang masih rendah tingkat inklusi maupun literasi keuangannya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top