Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim menyampaikan sambutan pada  perayaan ulang tahun ke-158 Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (8/1). - JIBI/Dedi Gunawan
Premium

Hendrisman Rahim, Dulu Dipuji Sekarang di Bui

07 Februari 2020 | 07:48 WIB
Hendrisman Rahim memimpin PT Asuransi Jiwasraya (Persero) selama dua periode, dari 2008 hingga 2018 ketika akhirnya dicopot oleh Menteri BUMN Rini Soemarno kala itu, yang kelak melaporkan ke Kejaksaan Agung tentang adanya dugaan fraud di tubuh Jiwasraya pada Oktober 2019.

Bisnis.com, JAKARTA — Kejaksaan Agung resmi menetapkan lima orang tersangka yang diduga terlibat kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Selasa 14 Januari 2020. Di antara lima nama yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut, terselip nama Hendrisman Rahim yang merupakan mantan Direktur Utama Jiwasraya.

 Kelima tersangka itu diduga bersama-sama menikmati investasi saham dari Jiwasraya ke 13 perusahaan bermasalah sehingga menyebabkan kerugian keuangan negara Rp13,7 triliun.

 Jauh sebelum tersandung skandal korupsi Jiwasraya, sosok Hendrisman Rahim bukanlah orang baru di industri asuransi. Hendrisman memulai karirnya di industri asuransi sebagai Calon Pegawai Negeri Bagian Servis dan Analis di INDORE dan langsung melesat menjadi Direktur Utama PT Reasuransi Internasional pada 2000—2008.

 Karirnya mulai terlihat moncer ketika dia kembali dipilih menjadi Direktur Umum (Dirut) di perusahaan asuransi pelat merah lainnya yakni Jiwasraya. Bahkan, dia memimpin Jiwasraya  selama dua periode mulai 2008—2018. Pada saat yang sama, pria kelahiran Palembang ini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada 2011, 2014, dan 2017.

Hendrisman Rahim (tengah), ketika masih menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), menjawab pertanyaan didampingi Direktur Eksekutif Togar Pasaribu (kiri), dan Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Chris Bendl, saat konferensi pers di Jakarta, Senin (27/8/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top