Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Asuransi Mengemuka, Ini Setumpuk Janji Pembenahan dari OJK

Otoritas Jasa Keuangan menjanjikan lembaga penjamin polis akan dibentuk
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  22:32 WIB
Kasus Asuransi Mengemuka, Ini Setumpuk Janji Pembenahan dari OJK
Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Otoritas Jasa Keuangan meyakinkan reformasi di Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yang tengah digulirkan diyakini dapat kembali meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo menjelaskan regulator tengah menyiapkan sejumlah langkah seperti meningkatkan standar pengaturan hingga meningkatkan kualitas pengawasan.

"Berbagai kebijakan telah dan akan dilakukan dari reformasi IKNB ini yaitu reformasi pengaturan dan pengawasan, reformasi institusi dan reformasi infrastruktur," ulas Anto dalam keterangan tertulis, Selasa (18/2/2020).

Reformasi pengaturan dan pengawasan yang akan dijalankan OJK meliputi, prudential regulation, review dan rekomendasi terhadap penyesuaian ketentuan modal minimum berbasis risiko (RBC), lalu review dan rekomendasi penyusunan ketentuan penilaian kualitas aset dan review dan rekomendasi ketentuan BMPK dan Penyediaan Dana Besar.

Regulator juga melakukan review dan rekomendasi penyesuaian ketentuan manajemen risiko dan penerapan GCG bagi industri. Serta review dan rekomendasi penyesuaian ketentuan pengawasan berbasis risiko.

Anto menjelaskan reformasi institusi industri asuransi meliputi penyusunan ketentuan tentang tindakan pengawasan dan pencabutan izin usaha, analisis industri. Review dan rekomendasi penyesuaian ketentuan perizinan dan Kelembagaan.

Selanjutnya, reformasi infrastruktur meliputi penyusunan draft RUU Program Penjaminan Polis (PPP), penyempurnaan sistem informasi pengawasan dan pelaporan. Serta, penyusunan pedoman dan pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi ojk
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top