Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Obituary Herris B. Simandjuntak: Anak Muda, Jangan Sekadar Hidup

Mendiang Herris telah memberikan banyak sumbangsih dalam industri asuransi nasional.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  14:40 WIB
Mendiang Dr. Herris Simanjuntak (batik coklat motif putih) berkiprah dalam berbagai lini pengetahuan terkait asuransi. Beliau wafat hari ini, Jumat (27/3/2020) - K. Sendra/Istimewa
Mendiang Dr. Herris Simanjuntak (batik coklat motif putih) berkiprah dalam berbagai lini pengetahuan terkait asuransi. Beliau wafat hari ini, Jumat (27/3/2020) - K. Sendra/Istimewa


Bisnis.com, JAKARTA - Industri asuransi nasional hari ini Jumat (27/3/2020) kehilangan sosok senior, Doktor Herris B. Simandjuntak SE., MM.

Alumnus program doktoral manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini baru saja merayakan ulang tahunnya ke-70 pada Januari lalu.

Herris yang tercatat sebagai salah seorang pendiri Komunitas Penulis Asuransi Indonesia (Kupasi) ini, wafat pada pukul 05.39 WIB di Jakarta.

Semasa hidupnya, almarhum sudah memegang sejumlah jabatan penting sebagai eksekutif industri asuransi.

Diantaranya sebaga Managing Director PT Asuransi Allianz Utama periode 1996-2001, Dirut PT Jasindo (Persero) pada 2001, selanjutnya Dirut PT Jiwasraya periode 2001-2008 silam.

Setelah tidak lagi menjabat pimpinan perusahaan asuransi, almarhum banyak menghabiskan waktu sebagai akademisi asuransi di sejumlah kampus.

Diantaranya mengajar kelas magister manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM) kampus Jakarta. Lalu di program magister manajemen Universitas Indonesia di Kampus Salemba.

Dari rekaman wawancara Herris dengan Insurance TV yang ditayangkan di Youtube, dia menyatakan lebih aktif mengajar di UGM kampus Jakarta.

"Di UGM lebih aktif karena selain mengajar, saya juga membimbing tesis mahasiswa, dan juga sebagai moderator seminar tesis serta penguji, jadi saya rutin ke Yogya itu sebulan sekali untuk jadi penguji," ulasnya.

Menurut tokoh senior industri asuransi, Hotbonar Sinaga, Herris adalah sosok yang luar biasa sebagai intelektual di industri asuransi Tanah Air.

"Tanggapan saya hanya dua patah kata: luar biasa. Saat ini industri asuransi Indonesia sudah kehilangan dua intelektual asuransi, yaitu setelah berpulangnya Dr Frans Sahusilawane, dan hari ini Alm Dr Herris Simandjuntak, keduanya alumni S3 pascasarjana UI. Kami doakan kedamaian buat almarhum di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya kepada Bisnis.

Dari potongan video wawancaranya, Herris mengaku sebagai anak Kebayoran Jakarta, yang sejak usia muda sudah punya mimpi bisa kuliah sampai tingkat doktoral atau S3 di pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Akhirnya cita-cita itu tercapai, dan beliau kuliah doktoral di usia 63 tahun. Dia berpesan kepada anak muda, agar hidup dengan sebuah visi yang harus dicapai.

"Kita semua di hidup ini, khususnya anak muda harus ada visinya, jangan hanya sekadar hidup, pasang [visi] tinggi, yang  kadang-kadang mungkin saja gak kesampaian, tapi tetap harus bercita-cita," ujarnya.

Ketua Kupasi, Ana Mustamin memiliki kenangan mendalam dengan mendiang. Menurutnya, ketika ditunjuk mengurus media terkait asuransi, beliau selalu menunjukan teladan. “Dia sangat menghargai setiap orang dan peristiwa. Ia nyaris selalu hadir dalam rapat redaksi, dan konsisten menghargai pendapat orang lain, meski usia dan jabatannya jauh di bawah dia,” ulasnya.

 Ana juga memiliki kesan mendalam, bahwa sosok Herris merupakan penikmat sastra. Bertolak belakang dengan pekerjaan yang dilakoni dalam dunia asuransi yang penuh dengan gemericing uang baik premi, fee hingga klaim.

“Dulu saya suka membaca cerpen dan novel. Suka puisi juga. Bahkan sering nulis puisi waktu masih remaja. Tapi gak seperti bu Ana yang karyanya dikirim ke berbagai media. Saya cuma suka saja!” ulang Ana menirukan pembicaraannya dengan Herris.

Irvan Rahardjo, Mantan Komisaris Independen Jiwasraya menuturkan Herris merupakan sosok yang menghargai undangan. Bergiat bersama di Kupasi semenjak 8 tahun silam, Irvan mengingat Heris tidak pernah absen mengikuti setiap  pertemuan  dan kegiatan organisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi
Editor : Anggara Pernando
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top