Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah menghitung uang usai melakukan transaksi di Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero), Jakarta, Senin (20/4/2020). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Premium

Dilema Usaha Gadai di Tengah Pandemi

Melesunya roda ekonomi membuat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan uang tunai meningkat. Jasa layanan gadai pun menjadi pilihan.

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah seretnya likuiditas akibat menurunnya pergerakan ekonomi, jasa layanan gadai menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat demi memenuhi kebutuhan hidup saat pandemi virus corona.

Minat masyarakat yang tinggi untuk menggadaikan barang menjadi persoalan tersendiri bagi industri gadai swasta. Di satu sisi, penyaluran pembiayaan mencatatkan kenaikan signifikan.

Sebaliknya, perusahaan terancam tidak memiliki kas yang cukup untuk memastikan pembiayaan mengalir karena pembayaran angsuran terhambat dan daya beli barang lelang pun berkurang.

Sekretaris Perkumpulan Perusahaan Gadai Indonesia (PPGI) Holilur Rohman menyatakan pembiayaan meningkat lebih dari 15 persen sepanjang Maret-April tahun ini dibandingkan periode sebelumnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top