Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Aman Bertransaksi Digital

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) nasabah perbankan cenderung menggunakan layanan digital. Meskipun memberikan kemudahan, keamanan selama bertransaksi pun harus menjadi proritas.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 25 Mei 2020  |  10:55 WIB
Pandemi Covid/19 berhasil mempercepat transformasi bisnis serta aktivitas jual beli dari tradisional menjadi daring atau online lewat prinsip digitalisasi. / Antara
Pandemi Covid/19 berhasil mempercepat transformasi bisnis serta aktivitas jual beli dari tradisional menjadi daring atau online lewat prinsip digitalisasi. / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) nasabah perbankan cenderung menggunakan layanan digital. Meskipun memberikan kemudahan, keamanan selama bertransaksi pun harus menjadi proritas.

Bisnis menghimpun sejumlah tips dari perbankan untuk menjaga nasabah dari tindakan kriminal.

1. Jaga Data Pribadi

Lewat laman sosial medianya, Bank Mandiri menganjurkan nasabah untuk menjaga kerahasiaan PIN, User Id, CVV, OTP, maupun data pribadi kartu debit maupun kartu kredit.

2. Selalu Cek Keamanan ATM Sebelum Bertransaksi

Bank Mandiri juga mengimbau nasabah untuk melakukan pemeriksaan keamanan saat kartu ATM dimasukkan. Pastikan tidak ada kamera yang terpasang di bagian atas PIN pada ATM. Bila kartu sudah dimasukkan, segera batalkan transaksi. Pastikan hanya menghubungi Mandiri Call 14000 jika memerlukan bantuan.

3. Lindungi OTP dan Update Nomor Ponsel

Bank BNI, lewat sosial medianya, juga mengimbau nasabah untuk tidak memberikan kode one time password (OTP) sembarangan. Nasabaj juga diminta untuk selalu update nomor Handphone terbaru ke Bank Penerbit Kartu Kredit agar terhindar dari tagihan-tagihan Kartu Kredit yang tidak diinginkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

digital Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top