Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang pria sedang berjalan di depan kantor cabang Industrial & Commercial Bank of China Ltd. (ICBC) di Guangzhou, Guangdong, China, beberapa waktu lalu. - Bloomberg/Brent Lewin
Premium

KORPORASI: ICBC Ltd, Jejak Tembakau dan Bank dengan Aset Terbesar Sejagat

08 Juli 2020 | 14:15 WIB
Forbes Global 2000 menempatkan Industrial and Commercial Bank of China Ltd (ICBC) sebagai perusahaan publik terbesar di dunia pada Mei 2020 dengan nilai aset jumbo sebesar US$4.322,5 miliar atau setara Rp62,48 kuadriliun!

Bisnis.com, JAKARTA — Rachman Halim, putra sulung Surya Wonowidjojo sang pendiri rokok Gudang Garam, menghembuskan napas terakhirnya di  RS Mount Elizabeth, Singapura pada Minggu (27/7/2008) pukul 05.20 waktu setempat di usia ke-61.

Belum genap setahun sebelumnya atau tepatnya 28 September 2007, Rachman Halim merelakan PT Bank Halim Indonesia diakuisisi oleh Industrial and Commercial Bank of China Limited (ICBC Limited) dan kemudian berubah menjadi  PT Bank ICBC Indonesia.

Berawal dari PT Bankit yang berdiri pada 15 Mei 1970 di Surabaya, yang kemudian berubah menjadi PT Bank Halim Indonesia pada 20 April 1989, Rachman Halim terpaksa melepas Bank Halim seiring dengan kebijakan Arsitektur Perbankan Indonesia (API) yang digulirkan oleh Gubernur Bank Indonesia kala itu, Burhanuddin Abdullah.

Ketika itu, dalam API, perbankan dipaksa untuk meningkatkan modal inti menjadi Rp80 miliar sepanjang periode 2007—2010. Kalau tidak bersedia, maka bank-bank itu dipaksa untuk melakukan merger.

Singkat cerita, masuklah ICBC ke Bank Halim melalui kepemilikan saham Rachman Halim sebanyak 15,6 persen dan PT Intidana Wijaya sebesar 74,4 persen. Saat itu, Intidana Widjaja, yang dimiliki oleh Keluarga Kentjana Widjaja, masih menggenggam 10 persen saham Bank Halim.

Kini, berdasarkan informasi di situs resmi PT Bank ICBC Indonesia, ICBC Limited menguasai 98,61 persen saham Bank ICBC Indonesia, sedangkan sisanya sebesar 1,39 persen masih dimiliki oleh PT Intidana Wijaya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top