Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengunjung membayar belanja makanan dengan uang digital dari Gojek. - Dimas Ardian / Bloomberg
Premium

Kredit Cepat Bank BUMN untuk 'Wong Cilik' Menumpang Gojek

21 Juli 2020 | 22:39 WIB
Perbankan menggandeng perusahaan teknologi keuangan untuk membantu bisnis kredit segmen UMKM. Bahkan dengan restu pemerintah segmen ini digarap bersama. Saat yang sama perusahaan rintisan bernilai triliunan tengah memperkuat diri menjadi seperti bank. Kemana arah bisnis ini berkembang?

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah perbankan yang semakin memperdalam kerjasama dengan perusahaan rintisan teknologi berbasis keuangan membuat batas kedua bisnis semakin tipis.

Pengakuan irisan bisnis ini ditandai dengan diluncurkannya Program Digital Kredit untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau DigiKU. Melalui program ini perbankan pelat merah berbagi peran dengan perusahaan digital yang juga memiliki bisnis keuangan.

DigiKU merupakan program yang diinisiasi Pemerintah, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), dan pelaku ekosistem digital sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Penyaluran pinjaman secara khusus diberikan kepada segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Program ini diharapkan dapat menjaga perputaran ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek Indonesia menjadi salah satu mitra dalam program tersebut. Raksasan decacorn itu akan menyalurkan kredit dalam rentang Rp5 juta sampai Rp20 juta kepada para mitra yang tergabung dalam ekosistem Gojek.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top