Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja membersihakan lantai di depan patung William Soeryadjaya, pendiri Astra. - Antara / Hafidz Mubarak A
Premium

Historia Bisnis: Heboh Bos Astra dan Indofood Masuk Jajaran Orang Terkaya Sejagat

07 Agustus 2020 | 14:57 WIB
Masuknya dua nama dari Indonesia dalam jajaran orang terkaya dunia pada 1990 sangat mengejutkan karena lebih unggul dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara hingga Australia.

Bisnis.com, JAKARTA – Rilis orang kaya sejagat yang saban tahun dikeluarkan oleh majalah ekonomi Forbes pernah menjadi perbincangan sangat hangat di Indonesia. Pada 1990 untuk pertama kalinya, Forbes menempatkan dua pengusaha Tanah Air masuk dalam jajaran 167 orang paling kaya di muka bumi.

Dua nama yang muncul pertamakalinya dalam daftar orang kaya sejagat adalah William Soeryadjaya, yang kala itu memiliki PT Astra International Tbk. (ASII) dan Soedono Salim dengan kerajaan yang ditopang oleh Semen hingga Indofood.

Masuknya dua nama dalam daftar orang paling kaya sejagat membuat pamor Indonesia di dunia cukup mentereng. Berkat keduanya, jumlah orang kaya di Indonesia melampaui beberapa negara tetangga.

Malaysia misalnya, hanya punya satu nama dalam daftar tersebut, yakni Robert Kuok Sang Raja Gula. Adapun, Australia saat itu juga hanya punya satu nama, yakni Kerry Packer. Sementara itu, Filipina dan Brunei Darussalam nol besar, tak punya nama warganya di daftar Forbes.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top