Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah berada di dekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Cek Peluang dan Strategi BRI (BBRI) di Tengah PSBB Jilid 2

17 September 2020 | 07:36 WIB
Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menjadi salah satu saham yang paling reaktif terhadap keputusan pemberlakuan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh Pemprov DKI Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA — Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., emiten bersandi BBRI itu terjun bebas hingga 6,74 persen pada perdagangan Kamis (10/9) setelah petang sebelumnya Gubernur Anies Baswedan mengumumkan keputusan tersebut.

Namun, saham perseroan juga menjadi salah satu yang paling tinggi naiknya pada perdagangan Senin (14/9), yakni pada hari pertama pemberlakukan kembali PSBB  di DKI Jakarta. Saham emiten berkode BBRI ini melesat 5,85 persen ke level Rp3.440.

Meski demikian, dalam dua hari terakhir, sahamnya tertekan sehingga secara umum, dalam sepekan terakhir, harga sahamnya melorot 4,40 persen. Padahal dalam satu bulan terakhir, saham emiten BUMN perbankan itu mampu mencetak kenaikan  9,76 persen. Pada perdagangan Rabu (16/9/2020), saham BBRI tercatat terkoreksi 2,10 persen ke level Rp3.260 per saham.

Lantas, seberapa dalam sejatinya keputusan pemda DKI Jakarta ini akan memengaruhi bisnis BRI? Bagaimana prospek bisnis BBRI di tengah tantangan ekonomi yang berat dan potensi resesi saat ini?

Bagaimana BBRI mengelola bisnisnya untuk dapat memenuhi tuntutan pemerintah untuk melakukan restrukturisasi kredit pada nasabahnya, serta di saat yang sama kembali memacu kredit baru dengan dana pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN)?

BRI saat ini masih menjadi bank terbesar di Indonesia dari sisi aset. Asetnya masih tumbuh 7,7 persen secara year on year (yoy) pada semester pertama tahun ini menjadi Rp1.387,76 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top