Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Permata Masuk Geng BUKU IV, Ini Daftar Terbaru BUKU IV 2021

Berikut deretan bank BUKU IV terbaru di Indonesia. Bank Permata menjadi bank kedelapan yang masuk dalam daftar.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  17:38 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan lampu hijau kepada PT Bank Permata Tbk. (BNLI) menjadi bank umum kelompok usaha (BUKU) IV pada 20 Januari 2021.

Bank tercatat memiliki modal inti lebih dari Rp30 triliun per 30 Desember 2020. Dengan demikian bank yang telah diakusisi oleh Bangkok Bank ini telah memenuhi ketentuan otoritas bersanding dengan bank bermodal jumbo lainnya.

Mengacu kepada POJK No.6/POJK.03/2016 tanggal 26 Januari 2016 tentang Kegiatan Usaha dan Jaringan Kantor Berdasarkan Modal Inti Bank, Bank Permata mendapat restu menjalankan kegiatan usaha BUKU IV.

Dengan demikian saat ini Indonesia memiliki delapan yang masuk dalam kelompok bank bermodal inti lebih dari Rp30 triliun. Berikut bank-bank yang kasta tertinggi di Tanah Air:

1. BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. per 30 September 2020 memiliki modal inti Rp170,43 triliun. Selain pemilik modal inti paling jumbo, emiten bersandi BBRI ini juga menjadi bank dengan aset terbesar di Indonesia.

2. BCA
PT Bank Central Asia Tbk. pada periode yang sama mencatat modal inti Rp160,95 triliun. Bank swasta terbesar di Indonesia ini memiliki sandi saham BBCA. Saat ini bank dimiliki oleh produsen rokok Djarum.

3. Bank Mandiri
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki modal inti Rp153,49 triliun. Melihat sejarah pendirian, emiten bersandi BMRI ini adalah contoh sukses konsolidasi perbankan. Bank Mandiri adalah empat bank yang dilebur menjadi satu pasca krisis moneter 1997-1998.

4. BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. memiliki modal inti Rp96,06 triliun. Sama dengan 3 bank di atas, emiten perbankan dengan kode BBNI ini juga telah lama tergolong sebagai BUKU IV.

5. Bank Panin
PT Bank Pan Indonesia Tbk. terbilang “anak baru” dalam jajaran BUKU IV, atau tepatnya pada Maret 2019. Modal inti bank ini Rp37,04 triliun per September 2020.

6. CIMB Niaga
PT Bank CIMB Niaga Tbk. memiliki modal inti Rp35,75 triliun per September 2020. Bersama BCA, CIMB Niaga menjadi satu bank swasta yang telah lama duduk dalam jajaran bank bermodal inti lebih dari Rp30 triliun.

7. Bank Danamon
PT Bank Danamon Tbk. menjadi bank swasta keempat yang masuk jajaran BUKU IV. Modal inti bank menembus lebih dari Rp30 triliun setelah merger dengan PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank panin bca bri bank mandiri cimb niaga bank permata bank danamon
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top