Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik BJB DigiCash di usaha kuliner dan kopi Warung Pinus, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020). - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Premium

Syarat Modal Bank Digital di RI Memberatkan, Bagaimana di Negara Lain?

31 Maret 2021 | 10:43 WIB
Regulasi soal batas modal minimal bank digital baru dinilai memberatkan. Namun bagaimana jika dibandingkan dengan ketentuan di bidang serupa di negara-negara lain?

Bisnis.com, JAKARTA — Warga Indonesia agaknya masih harus bersabar menanti dimulainya gemerlap tren bank digital. Kendati telah diwacanakan sejak akhir tahun lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan regulasi final terkait bank digital baru rampung pada semester kedua tahun ini.

“Pada prinsipnya ketentuan bank digital masih proses rule making, yang merupakan bagian dari aturan RPOJK terkait bank umum,” tutur Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK Teguh Supangat, Selasa (30/3/2021).

Namun, bukan berarti tidak ada kisi-kisi. Dalam beberapa pernyataan terakhirnya, OJK kerap mendengungkan bahwa syarat utama yang hampir pasti diatur dalam POJK bank digital kelak adalah mengenai batasan modal.

Bagi bank tradisional yang akan dikonversi menjadi bank digital, OJK memang hanya mematok batas modal minimal Rp3 triliun. Untuk bank yang jadi bagian kelompok usaha, standar konversi menjadi bank digital juga cuma wajib memenuhi modal minimal Rp1 triliun.

Namun, regulasi soal batas modal minimal bank digital baru yang terbilang memberatkan. Apabila ada perusahaan yang sebelumnya tidak memiliki lini usaha bank dan akan mendirikan bank digital, OJK mematok batas aturan modal minimal pada angka Rp10 triliun.

Adanya syarat tersebut sebenarnya bisa dipahami konteksnya. Ekonom cenderung menilai bahwa cara seperti ini merupakan bagian dari langkah OJK dan pemerintah untuk mendorong bank-bank gurem melakukan merger.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top