Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi - Lifehacker
Premium

Kompetisi Kian Ketat, Bank Asing Terseok-Seok di Segmen Bisnis Kartu Kredit

17 April 2021 | 21:29 WIB
Penyaluran kredit menggunakan kartu oleh bank asing per Januari 2021 tercatat Rp5,68 triliun, turun 23,9% secara tahunan Januari 2020 Rp7,47 triliun. Rasio kredit bermasalah dari produk ini tercatat 2,99% naik dari periode sama tahun lalu 2,41%.

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja kartu kredit bank asing tampak semakin terseok-seok dalam menyongsong masa pemulihan ekonomi tahun ini. Mobilitas masyarakat yang belum pulih sepenuhnya serta tekanan kompetisi yang semakin ketat terus mendorong bank asing memangkas baki kartu kreditnya secara signifikan.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, penyaluran kredit menggunakan kartu oleh bank asing per Januari 2021 tercatat Rp5,68 triliun, turun 23,9% secara tahunan Januari 2020 Rp7,47 triliun. Rasio kredit bermasalah dari produk ini tercatat 2,99% naik dari periode sama tahun lalu 2,41%.

Jika ditelisik lebih dalam, baki kartu kartu kredit tertinggi milik bank asing tercatat pada 2013, yakni Rp12,77 triliun. Namun, pada periode tersebut pertumbuhannya pun sudah tergolong landai karena hanya naik tipis dari Rp12,76 triliun pada 2012.

Teranyar, Citibank N.A. Indonesia mengumumkan secara resmi akan menutup bisnis kartu kreditnya dia awal kuartal kedua tahun ini. Citibank akan memfokuskan kehadiran bisnis Global Consumer Bank di Asia dan EMEA (Europe, the Middle East, and Africa) pada empat global wealth center dan keluar dari bisnis consumer banking di 13 negara, termasuk Indonesia.

Ketua Lembaga Pelatihan Kerja Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (LPK-SPPUR) Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia Moch Amin Nurdin mengatakan kinerja bisnis kartu kredit tahun ini masih belum begitu baik lantaran mobilitas dan kepercayaan konsumsi masyarakat belum pulih.

Kondisi Citibank saat ini pun semakin mempertegas kondisi kartu kredit bank asing yang sudah lama tergerus akibat kuatnya bisnis bank pelat merah dan bank swasta di pasar ini. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top