Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi bank. - Istimewa
Premium

Strategi Bank Papan Atas di Tengah Geliat Transformasi Bank Digital

27 April 2021 | 07:00 WIB
Persaingan antara bank konvensional dengan bank digital ke depan pun akan lebih kompetitif lagi seiring dengan tren konsumsi masyarakat yang mulai membaik.

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank-bank besar selama ini tampak pasif dalam menjawab potensi pengembangan teknologi. Tak heran hal ini menyebabkan banyak pelaku jasa keuangan nonperbankan yang justru menjawab berbagai ceruk pasar yang ada saat ini.

Bahkan semua pemain teknologi yang dulunya mendapat pembiaran dari perbankan sudah mulai lebih berani melakukan ekspansi dan bahkan mengakuisisi bank-bank kecil.

Bank-bank mini ini yang kemudian ditranformasikan untuk menjadi bank digital yang diperkirakan mampu memberi pelayanan tanpa membuka cabang fisik. Jika benar demikian, artinya bank ini mampu mencetak margin bunga maksimal dengan beban operasional minimal.

Kendati demikian, periode wait and see bank besar tersebut nampak telah berakhir. Bank besar yang selama ini menyediakan mobile banking untuk kebutuhan nasabah internalnya sekarang mulai memulai terobosan dengan super app.

Persaingan antara bank konvensional dengan bank digital ke depan pun akan lebih kompetitif lagi seiring dengan tren konsumsi masyarakat yang mulai membaik.

Berdasarkan catatan Bisnis, Beberapa aplikasi mobile banking yang akan didorong menjadi super app antara lain Livin' Mandiri, BCA Mobile Banking, OCTO Mobile CIMB Niaga, dan BTN Mobile.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top