Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emtek (EMTK) Angkat Bicara soal Rumor Akuisisi Bank of India Indonesia (BSWD)

Informasi tersebut disampaikan oleh EMTK melalui surat bernomor 017/EMT-CORSEC/TM/VIII/2021 yang ditandatangani oleh Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli.
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) memberikan penjelasan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenai isu rencana akuisisi saham PT Bank of India Indonesia Tbk. (BSWD).

Informasi tersebut disampaikan oleh manajemen melalui surat bernomor 017/EMT-CORSEC/TM/VIII/2021 yang ditandatangani oleh Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli.

"Saat ini perseroan tidak memiliki rencana untuk mengakuisisi Bank of India Indonesia [BSWD]," demikian pernyataan perseroan.

Selain itu, EMTK menyatakan tidak terdapat informasi/fakta/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perseroan, serta dapat mempengaruhi harga saham yang belum diungkapkan ke publik.

Adapun, sebelumnya Bank of India, sebagai pengendali Bank of India Indonesia bakal melepas seluruh sahamnya di BSWD. Hal ini terungkap dalam pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang akan diselenggarakan pada 7 September 2021.

Terdapat dua agenda dalam rapat tersebut. Pertama, melepaskan seluruh saham milik Bank of India Indonesia sebesar 76 persen dalam perseroan. Kedua, perubahan susunan pengurus perseroan

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Direktur Operasional Bank of India Indonesia Ferry Koswara membenarkan rencana Bank of India untuk melepas seluruh sahamnya di BSWD. Bank of India menggenggam kepemilikan saham sebesar 76 persen "Yes, rencana BoI [Bank of India] Mumbai untuk divestasi seluruh milik mereka," katanya dikonfirmasi pada Senin (16/8/2021).

Mengenai investor baru yang akan mengambil saham dari Bank of India, Ferry belum dapat mengkonfirmasinya. "Perihal investor baru, kami belum terima infonya," imbuhnya.

Kabar yang beredar bahwa Grup Emtek akan mengambil alih saham BSWD yang dilepas Bank of India. Dikutip dari DealStreetAsia, konglomerat media dan teknologi Indonesia PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Grup Emtek) sedang dalam pembicaraan untuk mengambil saham di PT Bank of India Indonesia Tbk. yang berkantor pusat di Jakarta.

Investasi di bank dinilai akan meningkatkan portofolio layanan keuangan dan mendukung bisnis lainnya yang menjangkau media, teknologi, dan pelayanan kesehatan. Namun, tidak ada informasi yang lebih detail mengenai kabar ini.

Saat ini, saham BSWD digenggam oleh Bank of India sebesar 76 persen, PT Panca Mantra Jaya sebesar 18 persen, Prakash Rupchand Chugani sebesar 1,71 persen, Deepak Rupo Chugani dan Dilip Rugo Chugani masing-masing sebesar 0,05 persen, dan masyarakat sebesar 3,29 persen. Ferry pun menyampaikan untuk pemegang saham minoritas akan tetap mempertahankan kepemilikan saham BSWD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper