Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi uang elektronik BJB DigiCash di usaha kuliner dan kopi Warung Pinus, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020). - ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Lihat Foto
Premium

Fenomena Bank Digital di China, Korsel & Jerman Serta Prospek di Indonesia

Sejumlah negara di dunia seperti di China, Korsel & Jerman dapat menjadi contoh bagi regulator maupun pelaku usaha di Indonesia dalam mengembangkan industri bank digital alias neobank.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
15 Oktober 2021 | 08:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Neobank atau bank digital menjadi sebuah fenomena baru pada ekosistem layanan keuangan di Indonesia.  Kemunculan neobank tersebut diharapkan dapat menjadi game changer karena menggunakan teknologi dan memberikan layanan yang efisien.

Ada beberapa contoh kesuksesan neobank atau bank digital dari berbagai negara yang dapat menjadi cerminan industri serupa di Indonesia agar dapat bertahan, seiring dengan ramainya persaingan di bisnis bank digital.

Salah satunya adalah milik Alibaba, Ant Group melalu platform bernama MyBank yang berdiri sejak 2015. Hingga saat ini, pengguna aktif dari Ant Group mencapai 51 persen dari populasi China. Adapun valuasi Ant Group diperkirakan mencapai US$120 miliar.

Salah satu kunci kesuksesan Ant Group tersebut penggunaan teknologi dan data yang masif untuk membangun alternatif credit scoring sehingga mampu melayani 16 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di China dengan capaian non-performing loan (NPL) 1 persen.

Contoh lainnya, adalah KakaoBank dari Korea Selatan. Kakao didirikan pada 2010 dan memiliki neobank yang bernama KakaoBank yang berdiri sejak 2016.

Pengguna aktif dari KakaoBank saat ini mencapai 25 persen dari populasi Korea Selatan dan memiliki kapital market sebesar 33,16 triliun won atau setara dengan US$28 miliar. Sejak go public atau IPO pada Agustus 2021, KakaoBank memiliki valuasi sekitar US$28 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top