Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Resolusi Keuangan Tahun 2022 Paling Realistis dan Cara Mencapainya

Simak 10 resolusi keuangan tahun 2022 paling realistis dan cara mencapainya seperti dikutip dari WalletHub, Selasa (4/1/2022).
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Awal Januari menjadi waktu paling tepat untuk membuat resolusi tahun ini. Simak daftar 10 resolusi keuangan pada 2022 yang paling realistis serta cara mencapainya.

Meski udah memasuki tahun baru, belum terlambat bagi Anda untuk membuat resolusi, khususnya terkait keuangan. Perihal keuangan sebaiknya iatur dengan membuat anggaran, rutin mengisi tabungan, serta bijak dalam mengeluarkan uang.

Apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan keuangan pada 2022, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana?

Simak 10 resolusi tahun 2022 paling realistis dan cara mencapainya seperti dikutip dari WalletHub, Selasa (4/1/2022).

1. Buat Anggaran yang Realistis

Orang yang ingin membuat anggaran atau budget harus mulai dengan daftar semua pengeluaran rutin mereka dan mengurutkannya berdasarkan kepentingan. Mulai dari pengeluaran untuk rumah, makanan, dan perawatan kesehatan di tempat teratas.

Kemudian, Anda harus memangkas pengeluaran yang memiliki prioritas paling rendah hingga pendapatan Anda melebihi pengeluaran Anda. Pastikan untuk melacak pengeluaran bulanan. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda mengikuti anggaran Anda sepanjang tahun.

2. Bayar Tagihan Setelah Terima Gaji

Strategi ini berguna untuk penganggaran dan mengetahui apa yang sebenarnya Anda mampu. Untuk mengikuti resolusi ini, sipkan dua pembayaran bulanan otomatis ke kartu kredit Anda.

Pertama, satu untuk hari setelah hari gajian. Kedua, untuk beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo bulanan Anda.

3. Tambahkan Jumlah Gaji 1 Bulan ke Dana Darurat

Membangun dana darurat merupakan wajib hukumnya. Hal ini harus menjadi aturan pertama dalam hal keuangan apa pun itu. Adanya dana darurat berguna jika terjadi kehilangan pekerjaan yang tidak terduga atau biaya pengobatan yang tidak terduga.

4. Gunakan Kartu Kredit yang Berbeda

Orang harus menggunakan kartu kredit yang berbeda untuk kebutuhan keuangan yang berbeda. Anda sebaiknya menggunakan kartu kredit A untuk belanja sehari-hari dan kartu kredit B untuk pengeluaran hadiah.

Menurut situs keuangan pribadi, resolusi ini dapat membantu orang mengurangi biaya utang mereka.

5. Bayar 20 Persen dari Utang Kartu Kredit

Banyak dari resolusi sebelumnya dapat membantu Anda memastikan Anda tidak menanggung terlalu banyak hutang di masa depan. Bagaimana dengan hutang yang ada sekarang?

WalletHub merekomendasikan menggunakan kartu kredit transfer saldo 0 persen dan kalkulator kartu kredit untuk membuat rencana. Cobalah untuk membayar 20 persen dari utang mulai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper