Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS KESEHATAN Sasar Kawasan Industri di Jawa Timur

Badan Peyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Timur berencana membuka Liasion Officer (LO) di wilayah kawasan industri di Jawa Timur untuk melayani pendaftaran peserta jaminan kesehatan nasional sehingga mencapai target pemerataan pelayanan sampai 2019.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA - Badan Peyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Timur berencana membuka Liasion Officer (LO) di wilayah kawasan industri di Jawa Timur untuk melayani pendaftaran peserta jaminan kesehatan nasional sehingga mencapai target pemerataan pelayanan sampai 2019.

Kepala Divre BPJS Kesehatan Jatim Kisworowati mengatakan kawasan industri yang disasar yakni Surabaya, Gresik, Sidoarjo, pasuruan hingga Mojokerto.

"Langkah pertama kami buka pada April ini di Gresik Industrial Park," katanya dalam Media Roadshow dan evaluasi BPJS di Surabaya, Kamis (10/4/2014).

Selama kuartal I/2014, sejak dimulainya program BPJS tersebut sudah ada 18,1 juta peserta di Jawa Timur, di antaranya PNS 2,7 juta jiwa, TNI 151.000 jiwa, Polri 69.000 jiwa, Badan Usaha 1,1 juta jiwa, pekerja mandiri, dan penerima bantuan iuran (PBI) 14 juta jiwa.

Adapun, kapitasi BPJS kesehatan ke fasilitas kesehatan primer yang dibayarkan ke puskesmas, dokter keluarga, klinik setiap bulan yakni Rp102 miliar.

"Di Jawa Timur ada 961 puskesmas dan 967 fasilitas kesehatan primer yang bisa melayani peserta BPJS. Kami juga menjalin kerja sama untuk fasilitas kesehatan lanjutan seperti rumah sakit pemerintah, TNI/Polri dan rumah sakit swasta sebanyak 185 fasilitas," jelas Kisworowati.

Dia mengatakan klaim pada Januari 2014 sudah dibayar ke semua rumah sakit, sedangkan pada Februari 156 rumah sakit sudah dilunasi, dan 28 rumah sakit dalam proses verifikasi dan telah dibayar 50% dari total tagihan klaim sebagai uang muka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper