Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaminan Kesejahteraan dan Kesehatan di Indonesia Masih Rendah

Perlindungan dan fasilitas kesehatan kerja untuk karyawan, terutama di Jakarta, diakui masih kurang maksimal.

Bisnis.com, JAKARTA – Perlindungan dan fasilitas kesehatan kerja untuk karyawan, terutama di Jakarta, dinilai masih kurang maksimal.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Tenaga Kerja DKI Jakarta Hardi Yuliwan mengatakan kondisi jaminan kesejahteraan yang mencakup jaminan kesehatan tersebut jauh dari harapan. Selain itu, di wilayah Ibu Kota rentan mengalami kecelakaan kerja.

“Hingga saat ini, setiap hari ada 30 kasus kecelakaan kerja. Padahal pegawai yang mengikuti Jamsostek baru 60% saja dari 3,6 juta pekerja di DKI,” ujarnya di kantor Bisnis Indonesia, Rabu (27/8/2014).

Pemerintah mencatat hingga Agustus ini, peserta Jamsostek baru 30% dari total seluruh pekerja formal di Indonesia berjumlah 40 juta pekerja. Angka itu belum termasuk pekerja informal yang berjumlah sekitar 1 juta orang.

Program jaminan kesejahteraan dan kesehatan di Indonesia diakui masih tertinggal jauh dari negara tetangg seperti Singapura dan Malaysia yang memangkas hampir 40% dari pendapatan untuk jaminan kesejahteraan penduduknya.

Indonesia juga kalah dibandingkan dengan Etiopia yang telah mewajibkan penduduknya menyisihkan 10% pendapatan untuk jaminan kesejahteraan penduduknya. Indonesia sendiri hanya menyisihkan 5%-7% dari total pendapatan setiap bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper