Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Tips Memilih KPR yang Aman

Banyaknya bank yang menawarkan kredit kepemilikan rumah rentan membuat nasabah tak berhati-hati dalam memilih bank untuk mulai mengangsur pembelian rumah idamannya.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Banyaknya bank yang menawarkan kredit kepemilikan rumah rentan membuat nasabah tak berhati-hati dalam memilih bank untuk mulai mengangsur pembelian rumah idamannya.

Head of Consumer Lending CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan seringkali nasabah mudah tergiur oleh suku bunga rendah yang ditawarkan oleh bank.

“Bedanya sedikit tapi customer langsung memilih KPR tertentu. Padahal harus diperhatikan juga bank itu sudah melayani KPR berapa lama,” tutur Tony kepada wartawan, Balikpapan, Jumat (17/10/2014).

Menurutnya, pengalaman bank dalam melayani KPR patut dipertimbangkan oleh nasabah. Sebab, hal itu menyangkut keamanan dan kenyamanan nasabah sendiri dalam melakukan angsuran. Apalagi, angsuran KPR dilakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

“Reputasi bank dalam memberikan pelayanan itu penting. Jangan sampai nasabah yang punya masalah dengan KPR malah dilempar ke departemen-departemen lain,” tambahnya.

Selain itu, nasabah hendaknya memperhatikan pemilihan developer yang dilakukan oleh bank penyedia KPR. Bank yang berpengalaman, lanjutnya, tak serta merta asal-asalan dalam menggandeng developer untuk bekerja sama.

Developer mitra bank sebaiknya memiliki pengalaman yang terpercaya, memiliki dana yang cukup untuk pembangunan, dan memiliki sistem pengurusan sertifikat yang baik. Sehingga, nasabah terhindar dari masalah keabsahan sertifikat.

“Pastikan keabsahan sertifikatnya, sertifikat induknya bagaimana. Nanti pemecahan sertifikat bagaimana. Itu hal yang penting diperhatikan,” tukas Tony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper