Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Rahasia Jalan Rejeki Kaya

Rejeki menjadi orang kaya sebetulnya bisa ditelaah secara ilmu pengetahuan, namun karena reward nya besar nilainya yaitu kekayaan maka kebanyakan hanya dibisikkan kepada sanak saudara-saudaranya.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Rejeki menjadi orang kaya sebetulnya bisa ditelaah secara ilmu pengetahuan, namun karena reward nya besar nilainya yaitu kekayaan maka kebanyakan hanya dibisikkan kepada sanak saudara-saudaranya.

Hidup itu sebenarnya bukan dimulai dari kita lahir.  Jauh sebelum kita lahir kehidupan sudah berjalan lama.  Demikian juga kekayaan, sudah ada berjalan lama sebelum kita.  Oleh karena itu kunci rezeki kekayaan ada pada faktor pengetahuan sejarah.

Dari antara sanak saudara-saudaranya mungkin ada paman atau tante yang kaya, entah itu saudara dekat maupun sahabat handai taulan.  Diantara mereka mungkin bisa kita datangi dan minta bantuan.

Ada pepatah mengatakan ada 3 hal rahasia kekayaan:
1. Dari jalan warisan yang diberikan orang tua dan keluarga.
2. Dari jalan warisan istri dan keluarga mertuanya.
3. Dari sahabat lama handai taulan.

Apabila point #1 & #2 tersebut diatas tidak Anda dapatkan, maka alternatif lainnya adalah rahasia kekayaan ada pada konsep uang. Konsep uang yang tidak bisa menjadikan orang kaya

1. Gaji. Uang didefinisikan sebagai upah hasil kerja.  Ini nilainya sedikit.  Mengapa? Karena perusahaan kebanyakan capital intensive Artinya sangat bergantung faktor modal. Oleh karena itu faktor gaji ditekan sekecil mungkin.
2. Faktor lain adalah tunjangan, bonus dan reward.  Biasanya ini diberikan non tunai misalnya dalam bentuk trip ke Eropa, USA, dll. Sehingga juga tidak dapat diuangkan.
3. Asuransi dan Dana investasi.  Sekarang banyak tawaran asuransi tapi menghasilkan keuntungan besar.  Ini bukan jalan menjadi kaya karena target market ini bukan untuk golongan menengah bawah karena syarat utama nya adalah stabilitas income jangka panjang 10-20 tahun tanpa cela.

Salah satu kemungkinan karyawan menjadi kaya hanyalah stock option. Option saham.  Dulu beberapa CEO dan country manager perusahaan besar jaman dulu sering memberi stock options. Seperti Nokia, Hewlett Packard, dll. Jaman sekarang contoh nya Alibaba.

Kemungkinan lainnya adalah dana pensiun.  Namun Indonesia tidak mengelola dana pension secara efektif, tidak seperti Singapore misalnya disana ada Dana CPF central pension fund nilainya 40% gaji.

Konsep uang lainnya yang bisa menjadi kaya.
1. Capital gain.  Rata-rata uang yang beredar 50% timbulnya dari capital gain. Orang spekulasi Rumah, ruko, kios, apartment saat pre launch dicicil down payment lalu saat sudah jadi harganya naik. Inilah namanya capital gain.
Capital gain juga lebih besar lagi ketika yang dijual perusahaan.  Kebanyakan perusahaan dijual melalui IPO atau initial public offering.
Dulu jaman sepuluh tahun terakhir capital gain dari property sangat besar. Karena dulu timbul masa buble property.  Sekarang mengalami masa kontraksi (koreksi).

2. Uang titipan.  Ya banyak pepatah mengatakan rezeki itu hanya sebuah titipan.  Itu betul. Misalnya jalur distribusi.  Diantara pabrik dan konsumen ada jalur distribusi.  Omzet yang beredar nilainya bisa mencapai ratusan juta hingga puluhan Milyar ini namanya showroom, grosir, Distributor, agen, wholesaler, dll.

Di antara jalur distribusi ini biasanya ada yang namanya MLM.  Namun MLM ini sekarang diawasi oleh Undang-Undang No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Dalam pasal 105 UU Perdagangan tersebut, pelaku usaha distribusi yang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan barang bisa dipidana.

"Pidana 10 tahun penjara dan atau Rp 10 miliar," Kabiro Hukum Kementerian Perindustrian, Lasminingsih mengatakan penjara dan denda ini pantas diterapkan pada pelaku distribusi MLM karena masuk kategori pidana dan penipuan.

"Betapa menderitanya orang yang ditipu. Itu kejahatan kalau MLM itu. Berapa banyak orang susah karena MLM. Tadinya tidak ada ketentuan mengenai itu," ucapnya.

3. Uang investasi.  Di kalangan investor ada yang namanya uang investasi.  Ada banyak usaha yang mengajak kerjasama investasi, misalnya showroom jual beli Mobil bekas.  Banyak investasi masuk yang ditandai untuk mendanai sekelompok jumlah Mobil bekas.
 
Di kalangan orang kaya setiap hari ada pertukaran assets berbentuk Mobil, atau tanah dan property.  Perputaran ini membutuhkan modal investasi dan mengundang investor.

Bila kita berkecimpung di kalangan investor ini kita juga mendapatkan komisi yang nilainya bisa besar.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis" yang baru terbit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper