Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Bakal Punya Layanan Kredit Online

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan anggaran hingga US$10 juta tahun ini guna mempersiapkan platform big data.
Aktivitas di Bank Mandiri/Jibiphoto
Aktivitas di Bank Mandiri/Jibiphoto

Bisnis.com,TANGERANG - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan anggaran hingga US$10 juta pada tahun ini untuk mempersiapkan platform big data. Dengan platform tersebut, perseroan berencana mengembangkan sistem pengajuan kredit secara online.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan melalui big data, perseroan dapat langsung melakukan analisa kredit melalui behaviour para nasabah.

Behaviour nasabah nantinya dapat dilihat melalui transaksi harian dengan bank, data identitas, tempat tinggal, dan data lainnya, yang dikumpulkan dalam satu platform.

Adapun untuk secara lebih lengkap melihat behaviour nasabah, perseroan bekerja sama dengan para pemain e-commerce. Melalui kerja sama itu, perseroan dapat melihat berbagai transaksi jual beli yang dilakukan oleh para nasabah.

“Ke depan kalau mau kredit tidak usah ke cabang lagi. Secara online, dari big data bisa tahu risikonya bagaimana, nanti ditentukan dapat limit kredit berapa,” ujarnya saat konferensi pers di sela Indonesia E-Commerce Summit & Expo di Jakarta pada Rabu (27/4/2016).

Tiko, panggilan akrab Kartika, mengatakan pembentukan big data untuk kredit online itu merupakan rencana jangka panjang yang tengah dipersiapkan. Perseroan saat ini masih mencari mesin yang bakal digunakan untuk pengembangan teknologi teranyarnya itu.

Paling tidak, lanjut Tiko, penggunaan big data untuk kredit online ini bisa direalisasikan dalam 3 tahun - 5 tahun mendatang. “Ini butuh waktu agar datanya makin lengkap makin panjang historinya. Kami mulai dengan database-nya dulu. Setelah itu ada data engineer yang memberi analisa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper