Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkat Terminal GSN, Pelindo III Kantongi Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 pada ajang yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).
Ilustrasi: Sejumlah penumpang turun dari kapal Gunung Dempo dari Makassar di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/7) malam./Antara
Ilustrasi: Sejumlah penumpang turun dari kapal Gunung Dempo dari Makassar di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/7) malam./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 pada ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Pelindo III pada Rakornas Kepegawaian di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi Pelindo III dalam mengelola Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, sehingga dapat menjadi pionir modernisasi terminal penumpang kapal laut di Indonesia.

Asdep Perumusan Kebijakan Inovasi dan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Imanuddin, pada keterangan tertulisnya menjelaskan, kompetisi inovasi tersebut merupakan wujud dari Program One Agency, One Innovation yang mewajibkan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta BUMN/BUMD menciptakan minimal satu inovasi pelayanan publik pada setiap tahunnya. 

Kompetisi serupa juga digelar secara international oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui United Nation Public Services Award (UNPSA).

Dalam daftar peraih penghargaan Top 35 itu terdapat 3 kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 14 kabupaten, 5 kota, 3 BUMN/BUMD. Pada penyelenggaraan tahun ini menjadi tahun yang pertama untuk keikutsertaan BUMN/BUMD.

Pada tahap sebelumnya, Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016, Pelindo III bahkan menempatkan dua karyanya sebagai nominasi.

Selain inovasi dalam pelayanan penumpang kapal laut di Terminal GSN, BUMN kepelabuhanan tersebut juga mencatatkan nominasi untuk inovasi pelayanan pada pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Apresiasi ini semakin mendorong Pelindo III untuk lebih mengoptimalkan lagi pelayanan yang diberikan. Tidak hanya kepada para pengguna jasa logistik, tetapi juga pada masyarakat penumpang kapal laut yang berangkat dan tiba di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III,” ujar Direktur Keuangan Pelindo III Saefudin Noerdalam siaran pers yang dilansir Kamis (26/5/2016) petang.

Dia menjelaskan inovasi Pelindo III menjadikan Terminal GSN sebagai terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas garbarata dan juga ruang tunggu yang senyaman lounge pada bandara-bandara utama di Indonesia.

Dengan fasilitas tersebut, Terminal GSN juga sudah rutin menerima kunjungan turis kapal pesiar internasional yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Termasuk menggelar Pameran Wonderful East Java di lantai 3 terminal yang menampilkan aneka kesenian budaya Jatim, demi memberikan kesan yang lebih mendalam pada kunjungan turis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper