Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Inikah Rahasia Kesengsaraan dalam Keuangan?

Apakah sebenarnya rahasia penderitaan hidup kita? Ini pertanyaan lama yang selalu berulang.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi

Apakah sebenarnya rahasia penderitaan hidup kita? Ini pertanyaan lama yang selalu berulang.

Saya kira selama ini kita terjebak pada reward system. Kita dituntut menjadi yang terbaik.  Semuanya diukur dengan system benefit.Coba kita pikir,  kita bekerja di perusahaan menjadi terbaik.  Padahal kita lihat owner perusahaan semuanya berkongsi.

Jadi sebenarnya ada yang salah dengan system benefit ini. Kita ber-relationship itu apa tujuan utamanya?
A.  Benefit
B.  Respect
C.  Mercy

1. Secara logika bila tujuannya adalah mutual benefit,  berarti si A lebih tinggi daripada si B supaya bisa memberi benefit kepada B, bukan? Jadi relationships selalu mayoritas simbiosis dominanisme. Sejak jaman gladiator, ya relationship berjalan seperti ini.  So A menjadi dominan dan si B menjadi gladiator.

Secara irisan diagram A lebih besar dari B sehingga B masuk ke dalam diagram A.  Relationship model begini tidak menimbulkan rahmat.

Kesalahan kita adalah menganggap pertolongan sebagai pemberian. Tidak mengikat.  Ikatan relationship beginilah sumber ruwetnya beban berat hidup kita. Oleh karena itu, kembali deadlock masyarakat Indonesia sulit meningkatkan hidup mencapai kemakmuran. Ini disebut efek  trickle down.

2. Relationship berdasarkan mercy atau rahmat adalah terjadi ikatan berkah secara luar biasa sehingga relationship si A Dan si B membentuk diagram si A dan B menyatu dan membesar dua-duanya.  Ini disebut relationship leverage. Walaupun si A mungkin lebih besar dari  B tapi efek mercy pertolongan Tuhan membuat diagram si A membesar. Efek pembesaran Inilah yang disebut ikatan berkah.

Jadi, menurut pendapat saya, syaratnya rejeki ada 3 yaitu
* peace,
* mercy atau rahmat pengampunan Tuhan
* blessings of God be with you.

Ibarat menolong gajah masuk kolam,  tentu membutuhkan effort pengorbanan luar biasa. Bukan sekadar pemberian, tetapi sebuah pertolongan Tuhan. Selama anda motivasinya benefit,  tidak akan mampu menolong orang yang lebih tinggi.

Ikatan jiwa Ini di Inggris disebut soul communication atau bahasa jiwa. Itu adalah berbentuk ikatan relationship berkongsi. Dasarnya kongsi itu adalah super trust diantara manusia..
Nah,  sekarang what next?

3. Berikutnya setelah inisiatif membangun relationship berdasarkan mercy rahmat pengampunan Tuhan tersebut akan menghasilkan power.  Power keduanya akan menarik system benefit. Ini disebut efek El dorado ada emas dibalik bukit.  Tapi kita harus melampaui bukit.

Jadi si C, D, dan lain-lain akan tertarik kepada trust relationship yang sudah terbangun Dan seterusnya menjadi diagram AB,  ditambah diagram CD Dan seterusnya menjadi system benefit yang bergulir.  Tapi big bang terjadi syaratnya harus mercy.

Oleh karena itu kita semuanya tergiling oleh mesin system benefit yang diciptakan oleh ikatan kongsi para pendiri perusahaan.  Selama kita tidak melihat Rezeki datang dari pengampunan Tuhan maka selamanya kita digilas oleh system benefit dimana yang dihasilkan bukan efek berkah tapi hanya sekedar upah (upo biji bijian untuk burung).

Seandainya anda menyadari skala rahmat pengampunan Tuhan itu seperti 100x lipat dibanding yang Anda mimpikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper