Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Mengenali Uang Melalui Hal Mendasar

Mengenali uang itu bisa dipikir melalui hal-hal yang mendasar.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Mengenali uang itu bisa dipikir melalui hal-hal yang mendasar.

1. Uang adalah sebuah hubungan interaksi atau relationship.  Misalnya ada orang yang ingin menjual rumah dan ada orang yang ingin membeli rumah,  hubungan interaksi ini dasarnya adalah uang.

2. Karena sifatnya adalah hubungan, maka hubungan tersebut bersifat mengikat.  Misalnya hubungan dengan atasan, maka otomatis kita terikat. Contoh lainnya adalah anak muda yang berpikir menjadi dewasa artinya dapat hidup terlepas dari dukungan orang tua. Padahal belum tentu ini benar.

3. Uang adalah kekuasaan. Sifat kekuasaan itu juga mengikat.  Misalnya Anda naik jenjang jabatan dari manajer menjadi direktur.  Ketika Anda menjadi BOD (board of directors) akan ada ikatan notaris status kepemilikan Anda dalam perusahaan.  Itu merupakan sebuah ikatan.

Anda pun perlu memahami konsep hubungan ini. Hubungan Anda dengan pihak lainnya, otomatis bisa menjadi bibit kekuasaan.

Misalnya saja Anda memiliki “saham” terhadap anak-anak. Jika Anda diam saja, anak-anak memang tetap akan menjadi dewasa. Namun jika Anda menafikan hubungan ikatan, mungkin hubungan tersebut sudah tercerai-berai. Hubungan persahabatan pun demikian.  Ada sebuah ikatan yang menjadi bibit kekuasaan diantara sahabat. 

4. Ada strata hubungan interaksi pada kelompok tertentu.  Hubungan dalam keluarga misalnya, sangat mengikat, sehingga estafet hubungan bisa berkelanjutan antar generasi dan menjadi bibit kekuasaan. Sehingga jalan terbuka bagi generasi penerus untuk menjalin hubungan dengan generasi yang lebih tua seperti dengan paman, kakak, dan lainnya. Bibit relationship ini bisa berlangsung lama dan menjadi sebuah pohon kekuasaan.

Bagi kelompok lain,  mereka kehilangan trust relationship.  Hubungan interaksi sebatas manis tetapi lemah ikatan. Hubungan ini sekedar hubungan beneficial, saling menguntungkan belaka. Hasilnya kehidupan semakin kering, seperti tanah tandus.

Jika diibaratkan seperti buah mangga,  uang bisa dinikmati, dimakan atau ditanam jangka panjang, dan menjadi bibit kekuasaan.  Inilah rahasia sebenarnya. Hidup merupakan pertukaran dengan hubungan mendalam yang membuahkan pohon berbuah kekuasaan.

 

Penulis:
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang" dan "Relationship Ikatan Pemekaran Berkah" yang segera terbit. Email: goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper