Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja 2016: Pendapatan Premi Taspen Life Lampaui Target

PT Asuransi Jiwa Taspen Life berhasil melampui target
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa

Bisnis.com,JAKARTA—PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) berhasil melampaui target pendpatan premi sepanjang 2016 yang diperkirakan mencapai Rp180 miliar. Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono mengatakan perusahaan membukukan pendapatan premi Rp385 miliar atau melampaui target yang awal yang diperkirakan pendapatan premi bisa mencapai Rp180 miliar pada 2016.

Dia menuturkan, pertumbuhan premi yang signifikan didorong oleh meningkatnya minat pasar terhadap produk asuransi jiwa kumpulan yang dipasarkan perseroan. Menurutnya, segmen kumpulan masih menjadi penyumbang terbesar terhadap total pendapatan premi, sedangkan kontribusi premi dari segmen individu masih cenderung rendah.

“Dari total premi Rp385 miliar, kontribusi dari segmen ritel atau individu baru sekitar Rp500 juta, sedangkan sisanya masih dikuasai oleh segmen kumpulan,” kata Maryoso kepada Bisnis, Kamis (2/2/2017).

Dia mengatakan, kontribusi premi yang cenderung rendah dari segmen individu disebabkan upaya pengembangan bisnis kepada segmen tersebut baru dilakukan perseroan pada pertengahan tahun lalu dengan meluncurkan produk asuransi jiwa yang difokuskan kepada segmen individu.

Kendati demikian, pada tahun ini perseroan menargetkan kontribusi premi dari segmen individu bisa tumbuh mencapai sekitar Rp10 miliar. Maryoso mengungkapkan untuk mencapai target tersebut, pihaknya berencana meluncurkan beberapa produk baru yang difokuskan untuk menyasar segmen individu. “Tahun ini kami berencana meluncurkan produk unit-linked [asuransi berbalut investasi], yang difokuskan untuk menyasar nasabah individu,” ujarnya.

Pada tahun ini, anak usaha PT Taspen (Persero) itu menargetkan bisa mencapai pertumbuhan premi sebesar 20% jika dibandingkan capaian pada tahun lalu. Untuk mencapai target pertumbuhan, ujarnya, perseroan berencana memperluas saluran distribusi dengan merambah saluran keagenan (agency).

Untuk memperluas pemasaran melalui saluran keagenan, pihaknya berharap bisa merekrut 100 agen. Selain itu, pada tahun ini perseroan juga menargetkan bisa mulai memasarkan produk melaui saluran bancassurance. "Dengan diperluasnya saluran distribusi dan diluncurkannya beberapa produk baru, kami optimistis target premi di tahun ini bisa tercapai."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper