Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Jalin Kerja Sama dengan Warung dan Alfamart.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah dan Bank Sinarmas mendukung program pemberdayaan warung binaan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart). Kesepakatan tersebut merupakan wujud kepedulian sekaligus keberpihakan ritel modern dan perbankan dalam pemberdayaan warung.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah dan Bank Sinarmas mendukung program pemberdayaan warung binaan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart). Kesepakatan tersebut merupakan wujud kepedulian sekaligus keberpihakan ritel modern dan perbankan dalam pemberdayaan warung. 

Salah satu wujud nyata program tersebut adalah penyerahan bantuan modal dari perbankan kepada warung binaan Alfamart di Kantor Pusat Alfamart, Tangerang. Executive Vice President BCA Liston Nainggolan secara simbolis menyerahkan bantuan modal disaksikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Tangerang, Sabtu (17/11). 
 
Mendag Enggar menjelaskan, ritel modern dan perbankan harus saling bahu membahu menopang tumbuh dan berkembangnya warung sebagai bagian dari kebijakan Pemerintah mengembangkan sektor ritel, baik ritel modern maupun ritel tradisional (warung). Enggar mengungkapkan, berdasarkan data Nielsen Indonesia, pada 2014 terdapat lebih dari tiga juta warung yang harus mendapat perhatian serius dari seluruh pemangku kepentingan.
 
Senada, Liston menyampaikan, Sebagai bank dengan visi menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia, BCA tak pernah berhenti menawarkan beragam solusi perbankan yang menjawab kebutuhan finansial nasabah dari berbagai kalangan.
 
Oleh karena itu, BCA mendukung program kemitraan antara warung tradisional dengan ritel modern yang digagas oleh Asosiasi Perngusaha Ritel Indonesia (APRINDO). Setelah sebelumnya memberikan dukungan kepada warung binaan Indogrosir, kali ini BCA menyerahkan secara simbolis bantuan modal usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp25 juta kepada 2 (dua) debitur warung tradisional binaan Alfamart. Kami berharap bantuan modal tersebut dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kapasitas usaha para pedagang, terang Liston.
 
Menyambut baik kerja sama yang terjalin, Roy Mandey selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) mengaku mendukung program kemitraan antara ritel modern, perbankan, dan warung tradisional yang dicanangkan Kementerian Perdagangan RI. 
 
Kali ini, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku pengelola lebih dari 13.000 toko Alfamart siap menjalankan kemitraan dengan warung tradisional, bahkan akan dikembangkan juga dengan merevitalisasi warung tradisional di berbagai daerah di Indonesia
 
"Dengan dukungan berbagai pihak, tentunya akan lebih banyak warung tradisional yang bisa dirangkul melalui program kemitraan ini. Lebih dari itu, kami berharap program ini tidak hanya menjadi besar tetapi juga berkelanjutan," ujar Roy Mandey seperti dikutip dari siaran persnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper