Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Dukung Program DP 0% untuk PNS dan TNI/Polri

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyatakan kesiapannnya dalam mendukung program uang muka atau down payment (DP) 0% untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri.
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyatakan kesiapannnya dalam mendukung program uang muka atau down payment (DP) 0% untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan dengan program tersebut akan mampu mendongkrak penjualan rumah hingga melebihi target 1 juta unit dari pemerintah.

"Saya kira tahun ini penjualan rumah sudah akan melebihi 1 juta, yang nantinya akan dikoordinasi oleh pemerintah yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dengan program DP 0% ini maka pencapaiannya bisa di atas satu juta," tuturnya di sela Acara Festival Kartini di Rembang, Sabtu (21/4/2018).

Maryono menambahkan bank berkode saham BBTN ini akan berkontribusi dan mendukung penuh dalam program DP 0% karena ini merupakan salah satu program pemerintah yang sangat strategis untuk memberikan kemudahan bagi PNS, TNI dan Polri dalam memiliki rumah.

"Program 1 juta unit selama 3 tahun ini konsentrasinya adalah rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan program ini nantinya akan ditingkatkan untuk masyarakat non MBR khususnya untuk PNS, TNI, Polri yang akan diberikan kemudahan dan fasiltas sehingga akan memudahkan percepatan untuk program 1 juta rumah," ujarnya.

Menurut Maryono, dengan angsuran yang bisa mencapai 30 tahun dengan melibatkan PT Taspen (Persero), maka bunga KPR yang diberikan bisa lebih rendah dibandingkan bunga KPR komersial pada umumnya.

Selain itu, bisa juga dilakukan kajian bersama dengan Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mengenai skema untuk meringankan uang muka KPR bagi PNS, TNI, dan Polri.

"Skema Tapera ada dua yaitu bisa membantu uang muka debitur seringan mungkin dan bisa membantu perbankan dalam menetapkan suku bunga yang lebih rendah, karena nantinya tidak menggunakan dana APBN seperti fasilitas MBR," paparnya.

Adapun plafon yang diberikan bisa mencapai Rp1 miliar dan dapat digunakan untuk rumah tapak maupun apartemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper