Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPR fokus garap potensi nasabah UMKM

 
nurul
nurul - Bisnis.com 28 November 2011  |  22:09 WIB

 

JAKARTA: Bank Perkreditan Rakyat  akan memfokuskan diri kepada pendampingan di bidang akses pemasaran dan peningkatan daya saing pada UMKM binaan.
 
Fran Suharmaji, Sekjen Perhimpunan Bank Perkreditran Rakyat Milik Pemerintah Daerah Se Indonesia (Perbamida), mengatakan modal usaha bukan lagi hambatan utama bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  untuk mengembangkan usaha karena kami menyediakan beragam skema kredit. 
 
"Justru  akses pasar dan peningkatan daya saing yang sekarang menjadi tantangan mereka," katanya.  
 
UMKM rentan dalam hal daya saing produk dan lemah dalam hal pemasaran karena itu peranan BPR sebagai pembina sangat di butuhkan.
 
"Upaya pembinaan untuk meningkatkan daya saing dan akses pasar di lakukan secara konsisten.Kami memanfaatkan aula kantor untuk pembinaan teknis dengan mengundang pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan, workshop, seminar, kegiatan motivasi agar memiliki keunggulan produk dan daya saingnya tinggi," jelasnya.
 
Pihaknya membina masyarakat di satu desa yang memproduksi makanan khas daerah yang disebut lanting. Sementara daerah lainnya juga memproduksi makanan yang sama.
 
"Nah kami mengasah kreativitas dan inovasi dalam  bentuk maupun rasa sehingga akhirnya produk mereka punya ke unggulan. Bagi para pelaku UMKM binaan secara berkesinambungan juga kami bukakan akses pemasaran dengan melibatkan mereka pada pameran-pameran," kata Fran.
 
Usaha mikro yang dibinanya rata-rata hanya memanfaatkan pijaman modal Rp5 juta-Rp10 juta dengan bunga rendah 6% di bawah KUR. Jenis usahanya beragam mulai dari makanan ringan, suvenir, usaha pertanian, perikanan.(sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top