Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRODUK BARU: BTN genjot nasabah pensiunan

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk meluncurkan Batara Pensiunan yang merupakan produk tabungan khusus pembayaran uang pensiun para nasabah PT Taspen.Iqbal latanro, Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), mengatakan produk baru ini ditujukan bagi

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk meluncurkan Batara Pensiunan yang merupakan produk tabungan khusus pembayaran uang pensiun para nasabah PT Taspen.Iqbal latanro, Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), mengatakan produk baru ini ditujukan bagi nasabah BTN yang masih menggunakan bank lain dalam pembayaran pensiunan serta para pensiunan baru.“Saat ini pensiunan yang dibayarkan melalui BTN baru 4.000 orang. Dengan produk ini kami harapkan dapat bertambah hingga mencapai dua kali lipat atau 8.000 nasabah,” ujarnya hari ini.Target tersebut sangat konservatif karena saat ini ada 2,6 juta pensiunan yang mendapatkan uang pensiun melalui lebih dari 30 lembaga yang menjadi mitra Taspen. Selain itu, setiap tahun ada 100.000 pensiunan baru.Iqbal mengatakan target yang cukup rendah memang sengaja ditetapkan oleh perseroan karena tidak mau bersaing secara ketat dengan perusahaan lain yang telah menjadi mitra Taspen diantaranya Kantor Pos.“Sebenarnya kami punya jaringan di kantor pos, namun khusus untuk produk ini tidak bisa dilayani di Kantor di sana karena kami menghormati kerja sama Taspen dengan PT Pos.”Guna meningkatkan daya tarik pensiunan untuk menggunakan produk ini, BTN akan memberikan sejumlah keuntungan a.l. undian untuk umrah, pemeriksaan kesehatan, hingga memberikan tempat pertemuan bagi para pensiunan untuk berkumpul.Selain itu, perseroan akan melengkapi prroduk ini dengan kredit tanpa agunan bagi para pensiunan. Perseroan menyediakan plafon maksimal Rp300 juta serta jangka waktu hingga 10 tahun.  Produk ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang sudah ditandatangani antara  BTN bersama Taspen. Dalam perjanjian itu disepakati pembayaran pensiunan akan dilakukan melalui rekening khusus dengan menggunakan aplikasi eDapem atau elektronik Data Pembayaran.“Dengan Tabungan BTN Batara Pensiunan, maka fasilitas akan menjadi lebih mudah untuk diimplementasi, karena account masing-masing pensiunan sudah tercatat dalam sistem yang mudah untuk disinkronisasikan dalam aplikasi eDapem.”Meski tidak mengungkapkan dana yang bisa diraih dalam produk ini, namun dia mengatakan Batara Pensiunan akan menjadi pendukung peningkatan DPK yang ditargetkan sebesar 30% pada tahun ini.“Tahun ini  BTN targetkan peroleh DPK 30%. Jadi, angka 30% itu salah satunya ya dari Tabungan Batara Pensiunan itu”, tutup Iqbal. (Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper