Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON GUBERNUR BI: DPR minta tambah kandidat, Presiden SBY akan bahas di Tanah Air

BISNIS.COM, JAKARTA - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah, mengatakan Presiden Susilo Yudhoyono telah menerima laporan terkait himbauan Komisi XI DPR menambah calon gubernur Bank Indonesia. Yudhoyono tengah melakukan kunjungan

BISNIS.COM, JAKARTA - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah, mengatakan Presiden Susilo Yudhoyono telah menerima laporan terkait himbauan Komisi XI DPR menambah calon gubernur Bank Indonesia. Yudhoyono tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman dan Hungaria.

"Presiden sudah mendapatkan laporan, tapi sifatnya masih terbatas," katanya, melalui telepon, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, sejauh ini, Yudhoyono belum membahas hal itu, mengingat saat ini tengah melaksanakan kunjungan kerja ke Jerman dan Hungaria, dan dijadualkan mendarat kembali di Tanah Air pada 9 Maret.

"Nanti akan dibahas, akan menerima pandangan dari Wakil Presiden dan Menteri Koordinator Perekonomian, namun sampai saat ini ya tetap satu, Agus Martowardojo," katanya.

Ia menambahkan, sesuai UU 23/1999 tentang Bank Indonesia yang diperbarui dalam UU 3/2004, presiden memiliki kewenangan mencalonkan maksimal tiga orang. Untuk itu, menurut dia, presiden berhak untuk mengajukan calon tunggal gubernur Bank Indonesia. "Jadi bisa saja satu, dua atau tiga, ini sesuai kewenangannya," katanya.

Sebelumnya dalam rapat Komisi XI DPR, Selasa malam (5/3), diputuskan menerima Martowardojo sebagai calon gubernur Bank Indonesia, untuk mengikuti uji kepatutan dan kepantasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Others
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper