Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROTOTIPE MONOREL: Dahlan Iskan Luncurkan Produk Buatan Inka

MADIUN-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memimpin peluncuran prototipe (mock up) monorel buatan PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun.Dalam peluncuran tersebut, Dahlan juga menyaksikan penandatanganan dua perjanjian awal (preliminary

MADIUN-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memimpin peluncuran prototipe (mock up) monorel buatan PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun.

Dalam peluncuran tersebut, Dahlan juga menyaksikan penandatanganan dua perjanjian awal (preliminary agreement) untuk proyek moda transportasi Kuningan-Cawang-Bekasi Timur dan proyek moda transportasi kontainer.

"Inka akan menangani produksi monorel, PT Jasa Marga Tbk sebagai penyedia aset tanah, PT Len Industri menangani sistem dan PT Pelindo III sebagai pengelolah pelabuhan dan kontainer," ujarnya, Senin (6/5/2013).

Dia menyebutkan PT Adhi Karya Tbk akan bertindak sebagai pemimpin konsorsium dalam hal konstruksi. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk juga terlibat sebagai sponsor IT. Konsorsium itu nantinya dikemas dalam bentuk perusahaan patungan (joint-venture).

Dahlan juga menambahkan dipilihnya monorel sebagai moda transportasi massal alternatif karena menawarkan kapasitas yang besar, namun bentuknya ramping dengan radius putar yang kecil, sehingga cocok untuk daerah urban. 

Selain itu, monorel pun ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Adapun jika angkutan kontainer dari stock yard ke pelabuhan dengan menggunakan monorel, hasilnya lebih praktis dan efisien. 

Dalam satu monorel mampu menampung 200 penumpang, atau sekitar 17.000 penumpang dalam sehari. Adapun kebutuhan moda transportasi monorel diperkirakan mencapai 96 unit, atau 18 trainset.

"Demi melayani rakyat sebaik-baiknya, kami harap proyek ini bisa rampung dalam 2-3 tahun mendatang," tuturnya. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper