Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPANSI KREDIT: Pariwisata Dorong Pertumbuhan Kredit Perbankan Bali

BISNIS.COM, DENPASAR-Menggeliatnya industri pariwisata Bali berdampak positif terhadap pertumbuhan kredit perbankan, dipicu oleh ekspansi properti yang menggerakkan sektor niaga, jasa serta UMKM.Data Bank Indonesia menunjukkan total kredit tersalur sebesar

BISNIS.COM, DENPASAR-Menggeliatnya industri pariwisata Bali berdampak positif terhadap pertumbuhan kredit perbankan, dipicu oleh ekspansi properti yang menggerakkan sektor niaga, jasa serta UMKM.

Data Bank Indonesia menunjukkan total kredit tersalur sebesar Rp53,25 triliun dengan komposisi kredit UMKM sebesar Rp16,03 triliun atau 30,10% dari total kredit, namun sebanyak 69,9% masih didominasi oleh sektor konsumsi.

"Industri pariwisata mendorong pertumbuhan kredit. Investor asing maupun domestik begitu semangat menanamkan investasinya di sektor properti pariwisata," kata Eben Eser Nainggolan, Head of Business Banking PT Bank BNI cabang Denpasar, Selasa (7/5/2013).

Tidak hanya sektor properti, paparnya, sektor UMKM pun juga terimbas dari sinyal positif menggeliatnya industri pariwisata. "Sektor UMKM mengantongi porsi 30,10% dari total kredit. Sayangnya, pertumbuhan kredit masih belum merata di Bali, hanya berpusat di seputar kawasan wisata".

Deputi Direktur Bank Indonesia wilayah III Suaprika Bimantoro mengatakan kawasan di sekitar proyek properti dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi APEC 2013 sudah mulai menggeliat. "Perbankan banyak mengucurkan kredit untuk merealisasikan proyek di kawasan tersebut. Sejumlah BUMN membiayai proyek itu dengan dana pinjaman bank". (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper