Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Terbitkan Aturan Teknis Paket Stimulus Ekonomi

Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral menerbitkan lima aturan baru sejak Selasa (27/8) sebagai implementasi paket lima kebijakan moneter yang diumumkan pada Jumat pekan lalu.
Donald Banjarnahor
Donald Banjarnahor - Bisnis.com 28 Agustus 2013  |  18:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral menerbitkan lima aturan baru sejak Selasa (27/8) sebagai implementasi paket lima kebijakan moneter yang diumumkan pada Jumat pekan lalu.

Lima aturan baru tersebut adalah Peraturan Bank Indonesia nomor 15/5/PBI/2013 tentang Operasi Moneter yang mengatur tentang penerbitan instrumen Sertifikat Deposito Bank Indonesia (SDBI).

 Kemudian Surat Edaran BI nomor 15/32/DPM tentang Operasi Pasar Terbuka yang mengatur perluasan instrumen term deposit valas menjadi 1 hari sampai 12 bulan.

Selanjutnya, Surat Edaran nomor 15/33/DPM tentang Pembelian Valas terhadap Rupiah kepada Bank. Aturan ini merelaksasi underlying pembelian valas bagi para ekspotir yang sudah menukar devisa hasil ekspornya menjadi Rupiah. Bukti penukaran devisa hasil ekspor itu bisa digunakan untuk mendapatkan valas lagi dengan jangka waktu maksimal 6 bulan.

BI juga menerbitkan Surat Edaran Ekstern nomor 15/30/DPM tentang  Kriteria dan Persyaratan Surat Berharga, Peserta dan Lembaga Perantara dalam Operasi Moneter dan Surat Edaran nomor 15/31/DPM tentang Koridor Suku Bunga (Standing Facilities). Kedua aturan ini melengkapi implementasi paket kebijakan bank sentral.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia paket stimulus
Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top