Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dicari, Metode Pengelolaan Limbah yang Baik

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghimbau perlu adanya perhatian yang serius terhadap pengelolaan limbah industri, baik pemerintah maupun pengusaha demi mewujudkan pembangunan secara berkelanjutan.
Bisnis.com, JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghimbau perlu adanya perhatian yang serius terhadap pengelolaan limbah industri, baik pemerintah maupun pengusaha demi mewujudkan pembangunan secara berkelanjutan.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, Sinta W. Kamdani mengatakan laju pembangunan yang berkelanjutan di dalam negeri masih terkendala dari cara penanganan masalah limbah industri.
 
“Padahal penanganan limbah secara tepat juga mampu menciptakan peluang bisnis baru di bidang jasa pengelolaan limbah,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (09/11).
 
Saat ini, lanjutnya, Kadin bersama Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) tengah membangun konsensus industri atas penanganan limbah industri di Indonesia melalui sebuah workshop yang melibatkan berbagai kelompok industri.
 
Kadin berharap dari kerjasama tersebut mampu memperkuat konsep pembangunan berkelanjutan industri di Indonesia, dengan cara menyinergikan kepentingan lingkungan dan sosial tanpa melupakan nilai-nilai ekonomisnya.
 
“Dengan konsep solusi bisnis, peran penanganan lingkungan bukan lagi pekerjaan eksklusif pemerintah. Namun juga, membutuhkan masukan dari dunia bisnis sehingga dapat mengusung perkembangan inovasi dan kemajuan teknologi yang lebih ramah lingkungan,” katanya.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mengelola lingkungan dengan baik, pada akhirnya membutuhkan dukungan penuh semua pihak, sehingga dampak buruk lingkungan dari kegiatan ekonomi lebih diminimalisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper