Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Minta Tidak Ada Iuran Ganda

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah segera melakukan harmonisasi aturan mengenai pengelolaan program pensiun oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk menghindari terjadinya iuran ganda untuk program pensiun karyawan.

 Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah segera melakukan harmonisasi aturan mengenai pengelolaan program pensiun oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk menghindari terjadinya iuran ganda untuk program pensiun karyawan.

Hariyadi B Sukamdani, Ketua DPN Apindo Bidang Pengupahan dan Jaminan Sosial, mengatakan beban biaya ketenagakerjaan akan melonjak signifikan ketika diberlakukan banyak iuran.

Saat ini, katanya, rata-rata perusahaan harus mencadangkan dana sebesar 25%-30% untuk memenuhi kebutuhan iuran jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan kesehatan dan jaminan kecelakaan kerja, ditambah cadangan pesangon sebesar 5% dari total gaji karyawan.

Oleh karena itu, dia berharap aturan mengenai program pensiun oleh BPJS dapat diharmonisasikan dengan aturan lain terkait jaminan kesejahteraan karyawan.

“Pertanyaannya adalah pengaturannya bagaimana agar tidak dobel,” katanya, Rabu (13/11/2013).

Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Program Jaminan Pensiun menetapkan iuran jaminan pensiun sebesar 8% dari gaji karyawan perbulan. Perinciannya, sebesar 3% dibayar oleh pekerja melalui potongan langsung pada gaji, sementara 5% sisanya dibayarkan oleh pemberi kerja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper