Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, PEKANBARU—Bank Sinarmas Syariah diketahui akan membuka kantor di Pekanbaru pada tahun depan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau Mahdi Muhammad mengatakan tahun ini bank umum bertambah dua dengan hadirnya Bank BTPN Syariah dan Bank DKI.

“Tahun depan ada yang sedang kami urus itu Bank Sinarmas Syariah. Mereka sedang persiapan kantor. Kami pastikan kesiapan operasionalnya, keamanan data, kami sedang cek kesiapannya,” ujarnya, Selasa (3/12/2013).

Dengan penambahan dua bank tahun ini, bank umum di Riau kini berjumlah 47 bank.  Secara total, jumlah bank di Riau kini ada 81 bank, terdiri dari 47 bank umum dan 34 BPR/S, dengan jaringan kantor sebanyak 796 unit.  

Mahdi mengatakan kinerja perbankan di Riau pada kuartal III/2013 secara umum cukup stabil. Beberapa indikator utama seperti jaringan kantor, aset, DPK, dan kredit masih menunjukkan peningkatan disertai dengan tingkat risiko yang terjaga.

Per kuartal III/2013, total aset perbankan di Riau mencapai Rp81,74 triliun. Sementara, total kredit yang disalurkan mencapai Rp48,3 triliun dan total DPK mencapai Rp57,58 triliun.

Sementara itu, terkait dengan akan beralihnya fungsi, tugas, serta wewenang pengaturan dan pengawasan di bidang perbankan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 31 Desember 2013, Mahdi mengatakan pihaknya siap menjalankan peralihan tersebut.

“Segala faktor pendukung sudah siap, jadi nanti 31 Desember dialihkan itu sudah siap. Semua peralihan kami bikin lembut, seperti pindah gigi [kendaraan],” ujar Mahdi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper