Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Syariah Kelola Dana Haji Rp1,2 Triliun

Kementerian Agama telah menunjukan PT Bank BRI Syariah sebagai salah satu Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Agama telah menunjuk PT Bank BRI Syariah sebagai salah satu Bank  Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Sekretaris Perusahaan Bank BRI Syariah Lukita T. Prakasa mengungkapkan dengan ditetapkannya bank-bank syariah sebagai penerima setoran haji, telah menunjukkan bukti keseriusan untuk mendukung industri perbankan syariah.

Insyaallah, kita siap, dengan outlet-outlet dan jaringan yang tersebar di seluruh pelosok, maka kami yakin bisa semakin menjangkau masyarakat.” ucapnya, Rabu (4/12/2013).

Lukita mengungkapkan dana pengelolaan haji yang berada di BRI Syariah masih sekitar Rp200 miliar, plus dana haji  yang  ditempatkan di Kementerian Agama sekitar Rp1 triliun.

Di sisi lain, dia mengharapkan agar dana haji dari induk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, agar diamanahkan seluruhnya kepada anak usaha.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengungkapkan perseroan juga ditunjukkan sebagai bank transito, terkhusus didukung dengan jaringan kerja BRI yang jumlahnya lebih dari 9.500 outlet.

Ali mengungkapkan bahwa anak usaha syariah akan menerima minimal sekitar 30%—35% dari  dana yang terkumpul.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu menyebutkan BPS-BPIH yang ditetapkan adalah bank yang berbadan hukum PT, berbentuk bank syariah atau bank umum nasional yang memiliki layanan syariah.

Anggito menambahkan penetapan dan pencabutan sebagai BPS-BPIH akan dimulai pada 1 Januari 2014. Serta pemindahan dana kepada bank syariah atau bank yang memiliki layanan syariah diberi waktu maksimum 6 bulan sejak tanggal ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper