Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Pelindo IV Melonjak 41%, Siapkan Investasi Rp916 Miliar

Operator pelabuhan Indonesia timur, PT Pelindo IV membukukan pertumbuhan laba hingga 41,17% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu.

Bisnis.com, MAKASSAR - Operator pelabuhan Indonesia timur, PT Pelindo IV membukukan pertumbuhan laba hingga 41,17% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto menyampaikan perolehan laba itu ditopang oleh pendapatan seluruh segmen usaha perseroan, khususnya terminal peti kemas yang memberikan kontribusi sekitar 50%.

Adapun, laba perseroan kuartal I/2014 mencapai Rp225,92 miliar, melejit jika dibandingkan dengan kinerja 3 bulan pertama tahun lalu Rp160,04 miliar.

"Pencapaian ini seiring dengan peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan melalui investasi strategis yang kami lakukan," katanya kepada Bisnis, Selasa (6/5/2014).

Menurutnya, perolehan laba perseroan 3 bulan pertama tahun ini bahkan telah mencapai 40,55% dari total target lama hingga akhir 2014 yang mencapai Rp591 miliar.

Dengan kondisi tersebut, dia optimistis mampu melampaui ekspektasi perolehan laba yang dipatok perseroan hingga akhir tahun ini.

Dari sisi investasi tahun ini, Pelindo IV berencana mengalokasikan Rp916 miliar untuk lebih mendorong pelayanan di seluruh pelabuhan kelolaan perseroan. "Dana investasi tidak hanya berasal dari internal tetapi juga pinjaman perbankan," ucap Budi.

Dia menjelaskan, penarikan pinjaman perbankan oleh perseroan sangat memungkinkan terlebih sebelumnya PT Pefindo memberikan AA bagi Pelindo IV yang berarti sangat bagus dan kuat untuk berinvestasi.   

Menurut Budi, kinerja positif perseroan pada tahun ini juga diperkirakan melampaui pencapaian sepanjang 2013, di mana Pelindo IV mampu mencatatkan pertumbuhan laba bersih 23,46% menjadi Rp389,17 miliar.

Laba bersih 2013 ditopang peningkatan pendapatan yang mencapai Rp1,92 triliun atau tumbuh 33,96% dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp1,43 triliun.

Sejauh ini, Pelindo IV telah mengelolala 24 pelabuhan yang tersebar di wilayah Indonesia Timur di antaranya Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Ambon dan Pelabuhan Manokwari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper