Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raih Rating 'AA', Pelindo IV Berpeluang Rilis Obligasi

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mendapatkan corporate rating id AA yang menunjukkan bahwa posisi BUMN ini cukup kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

Bisnis.com, MAKASSAR-- PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mendapatkan corporate rating id "AA" yang menunjukkan bahwa posisi BUMN ini cukup kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

Dengan begitu akan menjadi modal penilaian baik bagi perseroan apabila akan melakukan raising fund melalui perbankan ataupun capital market (obligasi).

Dirut PT Pelindo IV Mulyono mengungkapkan rating id "AA" tersebut diperoleh pada awal Mei 2014, setelah sebelumnya dilakukan penelitian dan pembahasan manajemen selama hampir 2 bulan oleh PT Pefindo (Pemeringkat Efek Indonesia) bersama Pelindo IV.

"Secara kinerja, pada triwulan I/2014 Pelindo IV mengalami pertumbuhan cukup signifikan dibandingkan posisi yang sama 2013. Pendapatan mengalami pertumbuhan 37,13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp551 miliar," kata Mulyono, Senin (12/5/2014).  

Adapun, laba perseroan sebelum pajak juga mengalami pertumbuhan 42,64% atau sebesar Rp239,39 miliar. Dia optimistis, tahun ini Pelindo IV akan mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi dibandingkan 2013.

Untuk mengantisipasi pertumbuhan arus kapal dan barang di wilayah Timur Indonesia, menurutnya, Pelindo IV juga telah menyiapkan investasi untuk pengadaan peralatan, perkuatan dan penambahan fasilitas.

Tahun ini, diharapkan dapat terserap mendekati Rp1 triliun.

Sementara itu, pada April 2014 Pelabuhan Bitung juga sudah melakukan direct call ke Tanjung Pelepas Malaysia, yang dilaksanakan oleh perusahaan pelayaran Maersk Line dan akan berlanjut dengan rencana pelayaran dua kali dalam sebulan.

Mulyono menambahkan, saat ini PT Maersk Line Indonesia juga sedang menjajaki pengapalan langsung peti kemas dari pelabuhan-pelabuhan milik Pelindo IV yang ada di wilayah timur, selain Pelabuhan Bitung.   

Tercatat, selama triwulan I/2014, perusahaan milik BUMN ini telah menangani bongkar muat peti kemas sebanyak 446.445 Teus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Wiwiek Dwi Endah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper