Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei MISI: Investor Masih Pilih Simpan Uang di Tabungan dan Deposito

Director of Business Development PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Putut E. Andanawarih menyatakan Investor masih tetap melanjutkan kebiasaan menyimpan uang di tabungan dan deposito.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Director of Business Development PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Putut E. Andanawarih menyatakan investor masih tetap melanjutkan kebiasaan menyimpan uang di tabungan dan deposito.

Survei Manulife Investor Sentiment Index (MISI) menunjukkan investor melewatkan kesempatan berinvestasi untuk memperoleh imbal hasil yang lebih besar dalam jangka panjang.

Terkait faktor yang mempengaruhi investor untuk memindahkan tabungan menjadi investasi, pada hasil survei itupun terpaparkan persentase imbal hasil 9% dapat mempengaruhi perpindahan investasi sebesar 77%.

Imbal hasil 6% sebesar 51% dan 3% hanya sebesar 27%.

Hasil survei ini, menurutnya, menunjukkan investor di Indonesia sangat bergantung pada kepastian besaran imbal hasil dari produk investasi, bahkan untuk memindahkan 10% saja dari tabungannya.

“Tujuan [survei] kami adalah mengenal lebih jauh mengenai sifat atau perilaku dari investor. Juga kami ingin tahu apa yang dapat kami pelajari dari para investor itu sendiri,” ucapnya, Selasa (10/6/2014).

Dia menuturkan survei MISI memiliki perbedaan dengan survei lainnya karena selalu melakukan pengayaan materi pertanyaan.

Pertanyaan pengayaan pada MISI V, lanjutnya, lebih berkutat di dana pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper