Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Sinar Mas di Asuransi Kian Menggurita

Kelompok bisnis lintas-bidang yang didirikan oleh taipan Eka Tjipta Widjaya, Sinarmas, kian getol berbisnis di pasar asuransi Indonesia dengan membetuk perusahaan asuransi umum baru, PT Asuransi Simas Net
Logo Sinarmas Group. Bisnis Sinar Mas di asuransi kian menggurita/Bisnis
Logo Sinarmas Group. Bisnis Sinar Mas di asuransi kian menggurita/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--- Kelompok bisnis lintas-bidang yang didirikan oleh taipan Eka Tjipta Widjaya, Sinarmas, kian getol berbisnis di pasar asuransi Indonesia dengan membetuk perusahaan asuransi umum baru, PT Asuransi Simas Net
 
Perusahaan itu memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan pada kuartal III/2014. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani memaparkan perusahaan tersebut telah mengajukan izin usaha sejak pertengahan tahun ini.
 
“Direksi PT Asuransi Simas Net telah mengajukan permohonan izin usaha di bidang asuransi umum melalui surat nomor 219/G-ASN/2014 tanggal 30 Juni 2014 hal permohonan izin usaha dan terakhir nomor 030/G-ASN/X/2014 tanggal 2 Oktober 2014 hal revisi bank kustodian dan neraca pembukaan,” tulis Firdaus dalam salinan keputusan dewan komisioner OJK yang diperoleh Bisnis, Selasa (9/12/2014).
 
Dewan direksi perusahaan tersebut antara lain Teguh Aria Djana (direktur utama) dan Njoman Sudartha, Yosept Dirgo dan Nyoman Pasek (direksi). Sementara itu dewan komisaris antara lain Njoman Sudartha (komisaris utama) serta Aryanto Alimin, Chandra Setiawan dan Iman Tjahya Abdulah (komisaris).
 
Sebagian anggota dewan direksi dan komisaris tersebut pernah menjabat sebagai direktur di PT Asuransi Sinar Mas. Berdasarkan informasi di laman resmi Simas Net, Asuransi Sinar Mas merupakan pemegang saham mayoritas perusahaan baru itu dengan kepemilikan saham 99%, sisanya milik PT. Sinarmas Multiartha Tbk.
 
Sebagian besar saham Asuransi Sinar Mas dengan porsi 99,999% sendiri dimiliki oleh Sinarmas Multiartha (SMMA), sebuah perusahaan milik kelompok Sinarmas yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia dan mengelola bisnis jasa keuangan.
 
Seperti diketahui, kelompok Sinarmas sebelumnya telah memiliki penyertaan modal di sejumlah perusahaan asuransi umum, perusahaan penunjang asuransi dan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia maupun luar Indonesia.
 
Perusahaan itu antara lain PT Asuransi Sinar Mas (dengan kepemilikan oleh SMMA sebesar 99,9%, sisanya Sinarmas Multifinance), PT Asuransi Jiwa Sinar Mas MSIG (kepemilikan 50%), Sinar Mas Insurance (10%, beroperasi di Timor Leste), PT Sinar Artha Konsulindo (99,92%, bergerak di bidang agen asuransi) serta PT Arthamas Konsulindo (99%).
 
Asuransi Sinar Mas sendiri memiliki saham di sejumlah perusahaan asuransi seperti di PT Asuransi Sumit Oto (porsi kepemilikan 48%) serta PT LIG Insurance (30%). Simas Net menjadi perusahaan asuransi terbaru yang dimiliki oleh Asuransi Sinar Mas.
 
Seperti dijelaskan oleh manajemen perusahaan melalui laman resmi, Simas Net yang didirikan dengan modal disetor Rp100 miliar tersebut didirikan untuk memasarkan produk asuransi secara dalam jaringan (online) seperti melalui website atau aplikasi di telepon pintar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper