Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rini Soemarno Ganti 26 Direksi & Komisaris, Ini BUMN yang Dirombak

Setelah sebelumnya 11 perusahaan milik negara dirombak, kini pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno segera merombak 26 posisi direksi dan komisaris perusahaan pelat merah pada tahun ini.
Rini-Soemarno
Rini-Soemarno

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno segera merombak 26 posisi direksi dan komisaris perusahaan pelat merah pada tahun ini.

Dalam waktu dekat, direksi dan komisaris tiga bank BUMN akan dikocok ulang. Ketiganya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan selain direksi bank-bank pelat merah, sejumlah direksi dan komisaris BUMN juga kosong.

Diantaranya direktur PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Len Industri (Persero), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dan Perum Bulog yang belum lengkap direksinya.

"Kementerian BUMN sedang menyiapkan calon-calonnya, beberapa calon sudah dilakukan assesmen. Tinggal proses berikutnya termasuk nanti akhirnya wawancara langsung sama Ibu Menteri sesuai aturan longlist dan shortlist," ujarnya kepada Bisnis.com, Minggu (8/2/2014).

Sejak menjabat sebagai menteri, Rini Soemarno tercatat telah merombak jajaran direksi dan komisaris 11 BUMN. Perombakan diawali oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ditinggalkan oleh Ignasius Jonan menjadi Menteri Perhubungan.

Setelah KAI, Rini merombak jajaran direksi BUMN berturut-turut PT Pertamina (Persero), PT Energy Management Indonesia (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., dan PT AirNav Indonesia (Persero).

Hingga akhir tahun lalu, tercatat empat direksi dan komisaris BUMN dirombak a.l PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Perum Bulog, PT Pindad (Persero), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Awal 2015, pemerintah merombak jajaran direksi dan komisaris PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Sejauh ini, pemerintah menunjuk jajaran direksi yang berasal dari internal sesama perusahaan BUMN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper