Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara OJK Tingkatkan Pasar Keuangan Syariah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menggelar kampanye keuangan syariah nasional yang disebut dengan program Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS).
OJK akan menggelar kampanye keuangan syariah nasional/ILUSTRASI
OJK akan menggelar kampanye keuangan syariah nasional/ILUSTRASI

Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menggelar kampanye keuangan syariah nasional yang disebut dengan program Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan program kampanye ini guna lebih meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap industri jasa keuangan syariah.

"Saat ini jumlah masyarakat yang memahami industri keuangan syariah masih terbatas, tidak mungkin akan tercipta basis pasar keuangan syariah yang lebih besar," ujarnya di Jakarta, Senin (1/6/2015).

Kampanye ACKS ini akan melibatkan pelaku industri keuangan syariah dan berbagai segmen masyarakat secara nasional dan inklusif.

Selain itu juga melibatkan seluruh komponen sektor jasa keuangan syariah, meliputi perbankan syariah, lembaga keuangan syariah non-bank, pelaku pasar modal syariah, industri kreatif dan usaha kecil, serta berbagai kegiatan usaha sektor riil yang terkait dengan ekonomi syariah. Kegiatan utama dari Kampanye nasional ACKS tahun 2015 ini yakni diselenggarakan Pasar Rakyat Syariah.

Acara ini akan didahului dengan serangkaian kegiatan pre-event, seperti CEO Sharia Gathering, Roadshow & Sharia Goes to Campus, Business matching & Community gathering dan rangkaian program publikasi.

Puncak dari kegiatan Pasar Rakyat Syariah ini akan dilakukan pada tanggal 13 dan 14 Juni 2015, yang akan ditandai dengan peresmian Kampanye Nasional ACKS rencananya oleh Presiden Republik Indonesia,

"Selain itu ada program Expo Keuangan Syariah yang akan menampilkan berbagai informasi dan produk dan jasa Perbankan Syariah, Industri Keuangan Non Bank Syariah, Pasar Modal Syariah dan Edukasi Perlindungan Konsumen, 5K OJK Fun Run, Peluncuran Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia, Peluncuran Produk Tabungan Siswa Syariah (Simpanan Pelajar iB), workshop, dan aneka lomba (Short movie, Meme, Musik Patrol, Menggambar dan mewarnai) serta Pemecahan Rekor MURI untuk Dukungan terhadap Aku Cinta Keuangan Syariah Terpanjang (1000 meter)," tutur Muliaman.

Rangkaian program acara itu akan dilakukan pada 7 kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Balikpapan.

"Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah dan Kegiatan Pasar Rakyat Syariah secara keseluruhan dimaksudkan sebagai suatu loyalty program bagi nasabah keuangan syariah saat ini, sekaligus juga sebagai wahana sosialisasi dan edukasi secara masif dan bersifat nasional untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap manfaat yang dimilki oleh industri keuangan Syariah?" ucapnya.

Muliaman berharap program ini dapat menjadi momentum semakin bergairahnya industri keuangan syariah menuju pertumbuhan industri keuangan syariah yang berkualitas dan berkesinambungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper