Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMF Beri Pinjaman Rp500 Miliar untuk BTN

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) kembali mengucurkan pinjaman sebesar Rp500 miliar kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk mendukung Program pemerintah Sejuta Rumah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) kembali mengucurkan pinjaman sebesar Rp500 miliar kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  untuk mendukung Program pemerintah “Sejuta Rumah.”

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan dengan dana tersebut, total pinjaman SMF kepada BTN mencapai Rp2 triliun tahun ini.

“Angka tersebut menunjukkan bahwa SMF sangat mendukung pembangunan sejuta rumah,” katanya lewat keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (21/9/2015).

Raharjo menambahkan untuk dana program Sejuta Rumah memang tidak semuanya bisa berasal dari pemerintah. Dengan demikian, peranan SMF dalam pembangunan Sejuta Rumah ini diperlukan, sejalan dengan peran SMF untuk memberi pinjaman dana jangka panjang kepada penyalur KPR, terutama BTN.

Lebih lanjut, Raharjo mengatakan karakteristik masyarakat menengah ke bawah memerlukan angsuran yang terjangkau dan tetap jumlahnya. Hal tersebut dapat dicapai dengan dua hal, yakni dana jangka panjang sehingga angsurannya terjangkau serta tingkat bunga yang tetap sehingga angsuran tidak bertambah.

“Peran SMF sangat tepat karena memberikan pinjaman jangka panjang dengan bunga tetap. Kedepannya peranan SMF dalam program Satu Juta Rumah akan semakin signifikan,” ujarnya.

Hingga Agustus 2015, total penyaluran pinjaman SMF kepada BTN, termasuk BTN Syariah,  sebesar Rp8,5 triliun, dengan outstanding sebesar Rp4,5 Triliun. Pinjaman kepada BTN, kata Raharjo, merupakan pinjaman terbesar dari keseluruhan pinjaman SMF kepada bank-bank yang dibiayai oleh SMF.

Sebagaimana diketahui, program Sejuta Rumah menetapkan dua target pembangunan yaitu pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 603.516 unit dan non MBR sebanyak 396.484 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper